Setyaji, Dhayu Rahma (2023) PERAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN PENERAPAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UMKM OLAHAN PANGAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (586kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (237kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (886kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (684kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (100kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) |
Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan unit usaha produktif yang berdiri sendiri dan dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha disemua sektor ekonomi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing UMKM, Untuk mengetahui pengaruh penerapan digital marketing terhadap keunggulan bersaing UMKM, Untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan dan penerapan digital marketing berpengaruh simultan terhadap keunggulan bersaing UMKM Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitafi. Populasi penelitian ini adalah pelaku UMKM di kecamatan Semin Gunungkidul, dengan sampel 120 responden dengan menggunakan teknik non-probability sampling menggunakan tipe sampel Hair. Teknik ini dilakukan agar memperoleh data dari responden terkait peran orientasi kewirausahaan dan penerapan digital marketing terhadap keunggulan bersaing UMKM olahan pangan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda menggunakan aplikasi software IBM SPSS 26 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orientasi kewirausahaan (X1) berpengaruh terhadap keunggulan bersaing UMKM olahan pangan dengan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 penerapan digital marketing (X2) berpengaruh terhadap keunggulan bersaing UMKM olahan pangan, dengan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 dan orientasi kewirausahaan dan penerapan digital marketing berpengaruh secara simultan terhadap keunggulan bersaing UMKM olahan pangan dengan signifikasi sebesar 0.000 < 0.05
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Peran orientasi kewirausahaan, Penerapan digital marketing, Keunggulan bersaing UMKM | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 338.04 Kewirausahaan | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Kewirausahaan | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 31 Oct 2023 03:59 | ||
Last Modified: | 31 Oct 2023 03:59 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22289 |
Actions (login required)
View Item |