PERAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN PENERAPAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UMKM OLAHAN PANGAN

Setyaji, Dhayu Rahma (2023) PERAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN PENERAPAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UMKM OLAHAN PANGAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (586kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (100kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan unit usaha produktif yang berdiri sendiri dan dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha disemua sektor ekonomi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing UMKM, Untuk mengetahui pengaruh penerapan digital marketing terhadap keunggulan bersaing UMKM, Untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan dan penerapan digital marketing berpengaruh simultan terhadap keunggulan bersaing UMKM Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitafi. Populasi penelitian ini adalah pelaku UMKM di kecamatan Semin Gunungkidul, dengan sampel 120 responden dengan menggunakan teknik non-probability sampling menggunakan tipe sampel Hair. Teknik ini dilakukan agar memperoleh data dari responden terkait peran orientasi kewirausahaan dan penerapan digital marketing terhadap keunggulan bersaing UMKM olahan pangan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda menggunakan aplikasi software IBM SPSS 26 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orientasi kewirausahaan (X1) berpengaruh terhadap keunggulan bersaing UMKM olahan pangan dengan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 penerapan digital marketing (X2) berpengaruh terhadap keunggulan bersaing UMKM olahan pangan, dengan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 dan orientasi kewirausahaan dan penerapan digital marketing berpengaruh secara simultan terhadap keunggulan bersaing UMKM olahan pangan dengan signifikasi sebesar 0.000 < 0.05

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pahlevi, Reza Widhar
Uncontrolled Keywords: Peran orientasi kewirausahaan, Penerapan digital marketing, Keunggulan bersaing UMKM
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 338.04 Kewirausahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Kewirausahaan
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 31 Oct 2023 03:59
Last Modified: 31 Oct 2023 03:59
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22289

Actions (login required)

View Item View Item