Naulandika, Sindi (2023) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI BIDANG KULINER (STUDI KASUS AKUN TIKTOK GEMBUL FOODIE). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (442kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (224kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (90kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai bagaimana pemanfaatan media sosial TikTok sebagai media promosi di bidang kuliner yang dilakukan oleh salah satu akun kulineran yaitu Gembul Foodie. Promosi media sosial terjadi karena perkembangan teknologi terlebih ketika Covid 19 datang ditengah-tengah masyarakat. Disitulah teknologi menjadi peran penting guna menjembatangani semua kegiatan mulai dari belajar-mengajar, bekerja, bisnis, hingga jual-beli sehingga hal tersebut membawa perubahan pada kehidupan manusia. Usaha kuliner menjadi salah satu contoh yang terkena dampak adanya Covid 19. Pemilihan media sosial TikTok pada penelitian ini didasari oleh jumlah penggunaannya yang terus meningkat semenjak pandemi Covid 19. Adapun tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis cara yang dilakukan oleh Gembul Foodie dalam memanfaatkan media sosial TikTok sebagai media promosi di bidang kuliner. Skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruktivisme. Penelitian ini juga menggunakan triangulasi sumber data dimana data digali kebenarannya melalui berbagai metode atau sumber data yang berbeda. Penggunaan triangulasi tersebut diharapkan dapat memperkuat data yang diperoleh. Dalam skripsi ini penulis menggunakan teori promosi online menurut Rangkuti yang dijadikan sebagai acuan dalam melakukan pengumpulan data melalui metode wawancara. Hasil dari penelitian ini berupa dalam memanfaatkan media sosial TikTok sebagai media promosi Gembul Foodie sudah menerapkan ke lima indikator teori promosi online menurut Rangkuti. Terdapat dua indikator yang menonjol adalah dalam penerapan indikator promosi penjualan (sales promotion) dengan memberikan penawaran khusus dan memberikan voucher makan melalui kegiatan giveaway, lalu menerapkan indikator hubungan masyarakat (public relation) yakni menjaga hubungan baik secara internal maupun eksternal.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial, TikTok, Promosi | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 31 Oct 2023 01:36 | ||
Last Modified: | 31 Oct 2023 01:36 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22239 |
Actions (login required)
View Item |