MAKNA PESAN IKLAN NINJA XPRESS “GAK PERLU DRAMA” (ANALISIS SEMIOTIK CHARLES SANDERS PEIRCE)

Malau, Junrico (2023) MAKNA PESAN IKLAN NINJA XPRESS “GAK PERLU DRAMA” (ANALISIS SEMIOTIK CHARLES SANDERS PEIRCE). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (101kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)

Abstract

Pesan menjadi salah satu unsur penting dalam suatu komunikasi. Penggunaan suatu pesan dapat dilihat dalam iklan. Iklan dibuat sedemikian rupa agar pesan yang dibuat dapat tersampaikan. makna pesan dari suatu iklan perusahaan kerap tidak tersampaikan kepada penonton. Hal tersebut dikarenakan beberapa iklan kerap sekali menggunakan unsur tanda dalam penyampaian suatu pesan. Penggunaan suatu tanda pada iklan kerap membuat penonton tidak mengerti makna pesan sebenarnya yang ingin disampaikan pada iklan tersebut. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tanda guna memahami makna pesan yang ada pada suatu iklan. Pada penelitian ini iklan yang diteliti adalah iklan Ninja Xpress “Gak Perlu Drama”. Untuk mengungkapkan makna pesan yang terkandung dalam penggunaan tanda dalam sebuah iklan, maka digunakan metode analisis semiotika. Teori yang digunakan milik Charless Sanders Peirce yang penjelaskan tentang Trikotomi Peirce. Teori yang menganalisis tiap adegan menggunakan representamen, object, dan interpretant dalam iklan Ninja Xpress “Gak Perlu Drama”. Iklan yang dianalisis diambil dari Youtube perusahaan Ninja Xpress. Dari hasil analisis yang dilakukan memberikan hasil bahwa setiap adegan memiliki makna pesannya sendiri, namun setiap adegan satu dengan adegan lain memiliki korelasi sehingga keseluruhan dari iklan ini mempresentasikan suatu realita. Kesimpulan dari penelitian ini menghasilkan bahwa perusahaan Ninja Xpress ingin menyampaikan kepada penontonnya bahwa Ninja Xpress siap melayani semua complain setiap pelanggan dan siap memberikan bantuan yang di inginkan pelanggan tanpa memerlukan drama.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Yudhistira, Nurfian
Uncontrolled Keywords: Iklan, Pesan, Semiotika
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 31 Oct 2023 01:22
Last Modified: 31 Oct 2023 01:22
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22233

Actions (login required)

View Item View Item