Prayoga, Ilham Laksa (2023) PENERAPAN MULTIMEDIA KREATIF UNTUK BRANDING PRODUK UMKM SUSU KEDELAI GAYATRI PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (235kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (927kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (56kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Ilham Laksa.zip Restricted to Repository staff only Download (198MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan sosial media saat ini begitu pesat dikalangan publik, salah satunya yaitu Instagram. Selain digunakan untuk mengunggah sebuah foto ataupun video sebagai sarana hiburan, Instagram juga dapat digunakan sebagai media untuk memasarkan sebuah usaha. Contoh usaha yang sering ditemukan adalah UMKM pada bidang kuliner. Pada penelitian ini objek yang diteliti adalah Susu Kedelai Gayatri yaitu jenis usaha dalam bidang minuman. Penelitian ini bertujuan untuk membuat usaha Susu Kedelai Gayatri lebih berkembang melalui sosial media Instagram yang dijadikan sarana branding untuk mengenalkan dan memasarkan usaha tersebut ke jangkauan yang lebih luas karena Susu Kedelai Gayatri tidak memiliki outlet fisik serta sosial media yang dimiliki tidak terkelola dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi deskriptif dan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, serta kuesioner langsung kepada pemilik usaha Susu Kedelai Gayatri. Penelitian yang dilakukan adalah membuat sarana multimedia kreatif yaitu desain, foto, dan video yang diterapkan pada akun Instagram @susukedelai_gayatri selama sebulan untuk melakukan branding pada usaha tersebut. Peneliti membuat beragam desain dan konten antara lain desain logo, desain kemasan, desain menu, desain brosur, foto produk, konten feed, dan konten reels. Metode yang digunakan dalam pembuatan konten untuk branding Susu Kedelai Gayatri adalah metode AIDA (Awareness, Interest, Desire, Action) yaitu pada setiap konten yang dibuat akan mengandung unsur perhatian, ketertarikan, keinginan, dan tindakan agar dapat menarik perhatian audiens serta memunculkan calon pembeli. Hasil pada penelitian ini adalah membuat tampilan visual pada Instagram @susukedelai_gayatri menjadi lebih baik, meningkatkan kunjungan profil sebesar 1.758%, meningkatkan interaksi sebesar 1.225 %, menambah 45 jumlah pengikut serta terjadi peningkatan omset bulanan sebesar 81,08 % pada usaha Susu Kedelai Gayatri.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Sosial Media, Instagram, Branding, UMKM | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 26 Oct 2023 03:55 | ||
Last Modified: | 06 Feb 2024 07:19 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22016 |
Actions (login required)
View Item |