ANALISIS USER EXPERIENCE PADA DESAIN APLIKASI KEUANGAN PERSONAL DENGAN FIVE PLANES METHOD

Prasetya, Candra Ramadhan (2021) ANALISIS USER EXPERIENCE PADA DESAIN APLIKASI KEUANGAN PERSONAL DENGAN FIVE PLANES METHOD. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER - ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (637kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.11.1370-Candra Ramadhan Prasetya - Candra Ramadhan Prasetya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)

Abstract

Berdasarkan hasil survei OJK pada 2016, pertumbuhan jumlah masyarakat Indonesia yang terbilang "melek keuangan dengan baik" baru 29,7%. Peningkatan terjadi di tahun 2019 menjadi 38,03%. Beberapa dari kita mulai sadar bahwa keuangan membutuhkan informasi mengenai pengelolaan, dengan mengakses website dan membaca konten di media sosial, yang mana kebanyakan hanya satu arah dan sulit untuk menyesuaikan dan mengimplementasi pada kondisi keuangan kita. Oleh sebab itu dibutuhkan pengelolaan dengan cara yang berbeda-beda pula sesuai persona kita dikarenakan keuangan merupakan data yang personal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis user experience (UX) terhadap desain aplikasi keuangan personal. yang berdasarkan pada kemudahan, efisiensi, dan kegunaan untuk pengguna. Analisis UX menggunakan metode five planes yang terdiri dari lima elemen yang memiliki keterkaitan antar elemennya yakni Strategy Plane, Scope Plane, Structure Plane, Skeleton Plane, dan SurfacePlane. Untuk evaluasi prototipe, metode yang digunakan adalah cognitive walkthrough agar lebih efektif digunakan untuk evaluasi usability. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa desain antarmuka dan perangkat lunak meggunakan flutter software development kit framework yang mendukung kemampuan untuk membantu seseorang dalam pengelolaan keuangannya sesuai dengan persona penggunanya. Pengujian usability menunjukkan bahwa desain mampu memberikan pengalaman pengguna yang lebih mudah dipahami terlihat dari hasil perhitungan yang menunjukkan hasil pengamatan rata-rata waktu penyelesaian task yang diminta adalah 24.9 detik, dan 25.92% misclick.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Fatkhurohman, Agus
Uncontrolled Keywords: Pengalaman pengguna, Keuangan pribadi, The Five Planes, Usablility Testing
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:23
Last Modified: 22 Jun 2022 04:23
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2168

Actions (login required)

View Item View Item