Rouf, Afifatur (2023) PEMANFAATAN MEDIA YOUTUBE SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL KELAS X SMK MA’ARIF 1 KEBUMEN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (562kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (690kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (100kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (818kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (702kB) |
Abstract
Pembelajaran berbasis media atau internet dapat memberikan dampak yang positif bagi pendidikan karena selain dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan bagi tenaga pendidik juga mampu meningkatkan minat belajar peserta didik. Pada proses pembelajaran Desain Komunikasi Visual di SMK Ma’arif 1 Kebumen, di temukan permasalahan dari peserta didik dimana kurangnya pemahaman konsep dan dasar mengenai DKV. Media pembelajaran bisa memancing para pelajar untu memiliki keinginan menguasai materi pembelajaran yang sudah dipersiapkan dan juga dapat membuat peserta didik atau pelajar bisa memiliki pemahaman yang berkualitas terhadap suatu materi pelajaran yang dijelaskan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana YouTube digunakan sebagai media pembelajaran Desain Komunikasi Visual. Metode penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data secara luas dan mendalam yang terjadi di lapangan. penelitian kualitatif merupakan prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang diamati. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification bahwa pengguna media adalah pihak yang aktif dalam proses memilih media sebagai pemenuhan kebutuhannya. Pengguna media YouTube disini yaitu guru, asisten dan peserta didik yang menjadi informan, menurut mereka media ini efektif karena pada saat pembelajaran guru menggunakan media YouTube untuk alat bantu agar penyampaian materi lebih mudah dipahami oleh peserta didik, dalam hal ini informan merasa terpenuhi kebutuhannya pada saat menggunakan media YouTube yang digunakan untuk mencari video tutorial sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | YouTube, Media Pembelajaran, Desain Komunikasi Visual | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 08 Sep 2023 07:20 | ||
Last Modified: | 08 Sep 2023 07:20 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21383 |
Actions (login required)
View Item |