PEMBUATAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT HINDARI PENGGUNAAN PLASTIK UNTUK DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN TEKNIK MOTIONGRAPHIC

Avrida, Sepsi Asia (2023) PEMBUATAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT HINDARI PENGGUNAAN PLASTIK UNTUK DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN TEKNIK MOTIONGRAPHIC. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (36kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code - Sepsi Asia Avrida.rar
Restricted to Repository staff only

Download (123MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam konteks Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta yang ingin menyampaikan pesan yang kuat dan persuasif kepada masyarakat mengenai pentingnya mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan motion graphic dipilih karena memiliki keunggulan dalam menggabungkan elemen visual, animasi, audio dan teks yang dapat memberikan pesan secara jelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data wawancara dan data pustaka. Selanjutnya, konsep iklan dan skrip dibuat berdasarkan data tersebut. Proses produksi motion graphic melibatkan pembuatan desain grafis, pembuatan animasi, dan penggabungan elemen-elemen desain yang mencakup teks, dan gambar. Hasil penelitian ini adalah sebuah iklan layanan masyarakat dalam bentuk video motion graphic untuk menyampaikan pesan mengenai pentingnya menghindari penggunaan plastik dan memberikan informasi mengenai konsekuensi negatif penggunaan plastik. Iklan tersebut berdurasi 2 menit 56 detik, hasil pengujian terhadap masyarakat umum sebagai responden iklan tersebut mendapatkan skor presentase 86% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Bernadhed, Bernadhed
Uncontrolled Keywords: Motion, Graphic, Visual
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:15
Last Modified: 07 Sep 2023 07:15
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21295

Actions (login required)

View Item View Item