Cahyo, Djupha Dwi (2023) ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA TWITTER TERHADAP LAYANAN INTERNET BIZNET MENGGUNAKAN ALGORITME SUPPORT VECTOR MACHINE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (263kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (785kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (868kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (42kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Djupha Dwi Cahyo.zip Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (576kB) |
Abstract
Internet adalah hal yang saat ini menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat, selain untuk mencari informasi, hiburan, juga digunakan untuk menghasilkan uang. Biznet merupakan salah satu provider penyedia layanan internet di Indonesia yang memiliki jumlah pengguna terbanyak. Meskipun diminati, tidak semua pengguna berkomentar positif bahkan negatif, kini pengguna dapat menyampaikan opini di berbagai media salah satunya Twitter. Dari berbagai ragam komentar Twitter diperlukan teknik untuk membagi ke dalam kelas opini positif, negatif, maupun netral. Maka dari itu di penelitian ini akan melakukan analisis sentimen menggunakan metode Support Vector Machine untuk klasifikasi. Data yang digunakan berupa opini tentang ulasan Biznet dari media sosial Twitter. Nantinya data dari twitter itu akan terbagi dalam tiga kelas yaitu positif, negatif, dan netral. Adapun hasil analisis sentimen dari data tweet yang yang dikumpulkan sebanyak 503 ada 373 tweet positif, 118 tweet positif, dan 12 tweet netral. Dan akurasi analisis sentimen yang didapatkan adalah sebesar 75.53%.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Sentimen, Support Vector Machine, Twitter | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 06 Sep 2023 02:25 | ||
Last Modified: | 06 Sep 2023 02:25 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21100 |
Actions (login required)
View Item |