Gideon, Florensius (2023) STRATEGI DESAINER GRAFIS DALAM PEMBUATAN KONTEN VISUAL PADA INSTAGRAM @kominfodiy. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (919kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (262kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (86kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi - Florensius Gideon.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Desainer grafis merupakan pekerjaan dalam bidang komunikasi visual. Desainer grafis merancang karya visual yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pesan atau informasi bagi pembaca. Desainer grafis menggunakan strategi dalam merancang karya visual, yaitu penggunaan komponen penting seperti elemen desain grafis dan prinsip desain grafis, sehingga dihasilkan sebuah karya visual yang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi desainer grafis dalam pembuatan konten visual pada akun Instagram @kominfodiy. Jenis penelitian yang digunakan adalah diskripsi kualitatif, yang difokuskan pada desain komunikasi visual di postting-an akun Instagram @kominfodiy. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Peneliti melakukan analisis data menggunakan data reduction, data display, dan conclusion/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Kominfo DIY menggunakan strategi fungsional (Functional Strategy) yang berfokus pada strategi manajemen sumber daya manusia dan strategi teknologi informasi. Desainer grafis menggunakan teori definisi strategi Mintzberg dalam “5 P’s of Strategy”, yaitu: strategy as a plan dalam merancang sebuah desain visual serta penerapan desain komunikasi visual yang terfokus pada elemen dan prinsip desain visual sebagai strategi dalam merencanakan konten-konten instagram @kominfodiy.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Desainer Grafis, Desain Komunikasi Visual, Strategi, Instagram | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 04 Sep 2023 07:25 | ||
Last Modified: | 23 Jan 2024 06:53 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20986 |
Actions (login required)
View Item |