STRATEGI DESAINER GRAFIS DALAM PEMBUATAN KONTEN VISUAL PADA INSTAGRAM @kominfodiy

Gideon, Florensius (2023) STRATEGI DESAINER GRAFIS DALAM PEMBUATAN KONTEN VISUAL PADA INSTAGRAM @kominfodiy. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (919kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi - Florensius Gideon.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Desainer grafis merupakan pekerjaan dalam bidang komunikasi visual. Desainer grafis merancang karya visual yang bertujuan untuk menyampaikan suatu pesan atau informasi bagi pembaca. Desainer grafis menggunakan strategi dalam merancang karya visual, yaitu penggunaan komponen penting seperti elemen desain grafis dan prinsip desain grafis, sehingga dihasilkan sebuah karya visual yang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi desainer grafis dalam pembuatan konten visual pada akun Instagram @kominfodiy. Jenis penelitian yang digunakan adalah diskripsi kualitatif, yang difokuskan pada desain komunikasi visual di postting-an akun Instagram @kominfodiy. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Peneliti melakukan analisis data menggunakan data reduction, data display, dan conclusion/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Kominfo DIY menggunakan strategi fungsional (Functional Strategy) yang berfokus pada strategi manajemen sumber daya manusia dan strategi teknologi informasi. Desainer grafis menggunakan teori definisi strategi Mintzberg dalam “5 P’s of Strategy”, yaitu: strategy as a plan dalam merancang sebuah desain visual serta penerapan desain komunikasi visual yang terfokus pada elemen dan prinsip desain visual sebagai strategi dalam merencanakan konten-konten instagram @kominfodiy.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ajibulloh, Alvian Alrasid
Uncontrolled Keywords: Desainer Grafis, Desain Komunikasi Visual, Strategi, Instagram
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:25
Last Modified: 23 Jan 2024 06:53
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20986

Actions (login required)

View Item View Item