Maryanto, Rudi Wili (2023) “STRATEGI PROMOSI IKAN NILA KARAMBA MINA GOTONG ROYONG”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (702kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (515kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (99kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) |
Abstract
Mina Gotong Royong yang merupakan salah satu usaha dalam bidang perikanan di dalam karamba yang berada disaluran irigasi. Mina Gotong Royong adalah salah satu usaha masyarakat yang ada di Dusun Salakan Trihanggo Gamping Sleman Yogyakarta. Karamba yang dikelola oleh Masyarakat Dusun Salakan tersebut merupakan tempat berkumpulnya petani ikan yang ada di Salakan, dan perlu di ketahui juga, bahwa ikan yang dikembangkan atau dibesarkan mayoritas adalah ikan nila dan ikan bawal. Dengan adanya karamba tersebut diperlukan sebuah strategi pemasaran yang efektif untuk dapat memajukan petani ikan Mina Gotong Royong yang ada di dusun tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pada usaha masyarakat sekitar dengan memanfaatkan saluran irigasi yang ada di Dusun Salakan. Teknik Pengumpulan Data ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan bauran strategi pemasaran. Kesimpulan dari hasil Penelitian, diharapkan dengan adanya strategi pemasaran ini, budidaya ikan di Mina Gotong Royong yang dikembangkan dengan beberapa bauran promosi (promotion mix) yang terdiri dari Kotler dan Amstrong, secara keseluruhan periklannya (advertising) dianggap sudah terlaksana dengan maksimal dan optimal, mulai dari promosi penjualannya (sales promotion), hubungan masyarakat (public relations), penjualan secara langsung (direct marketing), dan promosi digitalnya (digital marketing). Namun kendala dari bauran promosi seperti penjualan perorangan (personal seling) dianggap belum terlaksana dengan optimal dikarenakan adanya kendala pada penjualan perorangannya sehingga memperngaruhi hasil penjualannya. Pelaksanaan starategi promosi ini juga terdapat faktor penghambat dan pendukung, dari hasil yang didapat. Kemudian saran dari penelitian ini, bagi pengurus Mina Gotong Royong untuk dapat lebih mengoptimalkan dan memaksimalkan seluruh aspek dari strategi promosi, terutama dari strategi promosi penjualan perorangan (personal selling) yang nantinya berguna untuk kelancaran dalam sebuah usaha dalam bidang perikanan yang banyak mencakup aspek-aspek penting salah satunya yaitu pada bagian pemasarannya.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran, Strategi promosi, Penjualan | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 04 Sep 2023 06:42 | ||
Last Modified: | 23 Jan 2024 06:44 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20973 |
Actions (login required)
View Item |