Widiana, Yoga Balisa (2023) REPRESENTASI PESAN PERJUANGAN DALAM IKLAN GRAB INDONESIA VERSI "PERCAYA". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (631kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (326kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (698kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (839kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (57kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
Abstract
Iklan menjadi instrument penting dalam mempromosikan produk. Setiap perusahaan dalam mengiklankan produknya selalu mencantumkan pesan bagi khalayak dalam bentuk tanda-tanda. Salah satunya adalah perusahaan layanan jasa transportasi grab Indonesia yang mengiklankan produknya melalui sebuah video di YouTube versi "percaya". Terkait dengan hal tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa serta mendeskripsikan representasi pesan perjuangan yang terdapat pada iklan tersebut. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Semiotika Charles Sanders Pierce dan teori representasi untuk meneliti representasi tanda, objek, dan interpretan yang terkandung pada iklan tersebut. Pada penelitian ini peneliti menemukan pesan perjuangan untuk berjuang dalam kondisi apapun pada scene pekerja harian, tetap berjuang meski penuh dengan keterbatasan pada scene seorang ibu, serta pesan perjuangan untuk kembali bangkit dalam menghadapi kegagalan pada scene seorang pengusaha. Pada ketiga pesan perjuangan tersebut percaya menjadi kunci utama dalam menghadapi tantangan serta perjuangan dalam kehidupan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Representasi, Iklan, Charles Sanders Pierce, Semiotika, Youtube | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 04 Sep 2023 06:37 | ||
Last Modified: | 04 Sep 2023 07:03 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20969 |
Actions (login required)
View Item |