REPRESENTASI PESAN PERJUANGAN DALAM IKLAN GRAB INDONESIA VERSI "PERCAYA"

Widiana, Yoga Balisa (2023) REPRESENTASI PESAN PERJUANGAN DALAM IKLAN GRAB INDONESIA VERSI "PERCAYA". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (631kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (57kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)

Abstract

Iklan menjadi instrument penting dalam mempromosikan produk. Setiap perusahaan dalam mengiklankan produknya selalu mencantumkan pesan bagi khalayak dalam bentuk tanda-tanda. Salah satunya adalah perusahaan layanan jasa transportasi grab Indonesia yang mengiklankan produknya melalui sebuah video di YouTube versi "percaya". Terkait dengan hal tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa serta mendeskripsikan representasi pesan perjuangan yang terdapat pada iklan tersebut. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Semiotika Charles Sanders Pierce dan teori representasi untuk meneliti representasi tanda, objek, dan interpretan yang terkandung pada iklan tersebut. Pada penelitian ini peneliti menemukan pesan perjuangan untuk berjuang dalam kondisi apapun pada scene pekerja harian, tetap berjuang meski penuh dengan keterbatasan pada scene seorang ibu, serta pesan perjuangan untuk kembali bangkit dalam menghadapi kegagalan pada scene seorang pengusaha. Pada ketiga pesan perjuangan tersebut percaya menjadi kunci utama dalam menghadapi tantangan serta perjuangan dalam kehidupan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astria, Kadek Kiki
Uncontrolled Keywords: Representasi, Iklan, Charles Sanders Pierce, Semiotika, Youtube
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:37
Last Modified: 04 Sep 2023 07:03
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20969

Actions (login required)

View Item View Item