Fidinia, Vitra (2023) STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA PEMERINTAH DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @humasjogja. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (636kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (624kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (88kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (945kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) |
Abstract
Humas pemerintah daerah Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai sebuahinstansi yang memiliki fungsi sebagai jembatan antara pemerintah dengan masyarakat. Dalam rangka mempertahankan citra pemerintah daerah DaerahIstimewa Yogyakarta, humas melakukan publikasi informasi dan kebijakanpemerintah melalui akun Instagram @humasjogja dengan menggunakan strategikomunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui/mendeskripsikan strategi komunikasi humas dalam mempertahankan citra pemerintah daerahDaerah Istimewa Yogyakarta melalui media sosial Instagram @humasjogja.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yakni dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian temuan datadianalisis dan diverifikasi dengan menggunakan teknik narasi dan gambar. Hasildari penelitian ini adalah humas pemerintah daerah Daerah Istimewa Yogyakartamenggunakan Instagram sebagai media publikasi pemerintah. Antusias masyarakat terhadap akun Instagram @humasjogja dapat dilihat dari jumlah followers dan insight atau ketertarikan masyarakat yang dapat dinilai dari jumlah komentar dan likes di setiap postingan humas. Dalam upaya mempertahankancitra pemerintah, humas melakukan banyak inovasi agar masyarakat tidakmonoton dalam menerima informasi dari Instagram tersebut. Humas Pemda DIYjuga bekerjasama dengan instansi-instansi terkait dengan tujuan agar informasi yang akan disampaikan kepada masyarakat bisa valid dan publikasi bisa segeradilakukan jika terdapat suatu masalah di masyarakat. Dalam mempertahankan citra pemerintah, humas juga menekankan aspek-aspek yang mendukung dalamhal ini mengenai strategi komunikasi, citra pemerintah, serta communicationgoal atau tujuan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Instagram, Strategi Komunikasi, Citra, Humas | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 24 Jul 2023 07:30 | ||
Last Modified: | 24 Jul 2023 07:30 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20746 |
Actions (login required)
View Item |