Sembiring, Ike Oktavia Br (2023) PERSONAL BRANDING ABDI DALEM YOGYAKARTA MELALUI MEDIA SOSIAL @keratonJogja (Analisis Isi Kuantitatif ). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (692kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (516kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (747kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (159kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (826kB) |
Abstract
@keratonJogja adalah akun yang berisikan tentang informasi seputar kegiatan budaya dan mempromosikan keraton Yogyakarta. Melalui akun tersebut juga menjadi wadah untuk membagikan kegiatan seputar sultan Yogyakarta dan juga abdi dalem. Baik dari berbagai aspek dalam kehidupan bidang budaya, ekonomi, sosial, politik, ataupun pemerintahan yang dijalankan keraton sebagai representasi norma budaya jawa. Penelitian ini melihat personal branding @keratonJogja khusunya pada pemberitaan abdi dalem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi kuantitatif, peneliti mencoba menganalisis citra Abdi Dalem yang tercermin dari postinganpostingan difanpage Instagram @keratonJogja. Terdapat 57 postingan abdi dalem yang disimpulkan selama periode 1 Januari – 31 Desember 2022. Penelitian ini berlandaskan pada aspek-aspek personal branding Montoya. Teori personal branding tersebut memiliki 8 aspek yaitu spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, keterlihatan, kesatuan, keteguhan, dan juga niat baik. Dengan analisis isi kuantitatif dapat melihat aspek apa saja yang muncul pada postingan fanpage @keratonJogja. Hasil penelitian menunjukan bahwa personal branding abdi dalem terbentuk oleh kategori spesialisasi (24,23%), kepemimpinan (14,43%), kepribadian (9,79%), perbedaan (5, 15%), terlihat (0,00%), kesatuan (15,97%), keteguhan (28,87%), maksud baik (1,55%).
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Analisis isi kuantitatif, Personal branding, Abdi dalem, @keratonJogja, Postingan instagram | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 20 Jul 2023 01:55 | ||
Last Modified: | 20 Jul 2023 01:55 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20567 |
Actions (login required)
View Item |