PERSONAL BRANDING ABDI DALEM YOGYAKARTA MELALUI MEDIA SOSIAL @keratonJogja (Analisis Isi Kuantitatif )

Sembiring, Ike Oktavia Br (2023) PERSONAL BRANDING ABDI DALEM YOGYAKARTA MELALUI MEDIA SOSIAL @keratonJogja (Analisis Isi Kuantitatif ). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (692kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (516kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (159kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)

Abstract

@keratonJogja adalah akun yang berisikan tentang informasi seputar kegiatan budaya dan mempromosikan keraton Yogyakarta. Melalui akun tersebut juga menjadi wadah untuk membagikan kegiatan seputar sultan Yogyakarta dan juga abdi dalem. Baik dari berbagai aspek dalam kehidupan bidang budaya, ekonomi, sosial, politik, ataupun pemerintahan yang dijalankan keraton sebagai representasi norma budaya jawa. Penelitian ini melihat personal branding @keratonJogja khusunya pada pemberitaan abdi dalem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi kuantitatif, peneliti mencoba menganalisis citra Abdi Dalem yang tercermin dari postinganpostingan difanpage Instagram @keratonJogja. Terdapat 57 postingan abdi dalem yang disimpulkan selama periode 1 Januari – 31 Desember 2022. Penelitian ini berlandaskan pada aspek-aspek personal branding Montoya. Teori personal branding tersebut memiliki 8 aspek yaitu spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, keterlihatan, kesatuan, keteguhan, dan juga niat baik. Dengan analisis isi kuantitatif dapat melihat aspek apa saja yang muncul pada postingan fanpage @keratonJogja. Hasil penelitian menunjukan bahwa personal branding abdi dalem terbentuk oleh kategori spesialisasi (24,23%), kepemimpinan (14,43%), kepribadian (9,79%), perbedaan (5, 15%), terlihat (0,00%), kesatuan (15,97%), keteguhan (28,87%), maksud baik (1,55%).

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Damastuti, Riski
Uncontrolled Keywords: Analisis isi kuantitatif, Personal branding, Abdi dalem, @keratonJogja, Postingan instagram
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:55
Last Modified: 20 Jul 2023 01:55
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20567

Actions (login required)

View Item View Item