Faturrohman, Achmad Bagas (2023) REPRESENTASI MASKULINITAS LAKI-LAKI DALAM IKLAN MS GLOW FOR MEN MSKULIN (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (759kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (469kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (729kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (118kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
Abstract
Perkembangan dunia bisnis di Indonesia kini semakin lama semakin mengalami perkembangan yang sangat cepat. Hal tersebut akan mengakibatkan persaingan bisnis yang sangat kompetitif. Untuk mendapatkan konsumen perusahaan menggunakan iklan untuk mempromosikan produknya kepada konsumen. Seperti yang dilakukan oleh perusahaan Ms Glow untuk mengenalkan produk MSkulin kepada konsumen dengan beriklan. Iklan MS Glow MSkulin muncul sebagai upaya untuk mengenalkan produk pangan tambahan untuk olahragawan yang mempunyai tinggi energi protein kepada konsumennya. Salah satu pesan yang ingin disampaikan pada iklan MSkulin ini adalah representasi maskulinitas dengan menampilkan sosok laki-laki berotot. Pada penelitian ini bertujuan untuk membedah makna, tanda yang mengandung unsur maskulinitas laki-laki. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis menggunakan analisis semiotika dari Charles Sanders Peirce. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data akan dilakukan dengan cara pengumpulan data melalui dokumen, dan observasi. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang maskulinitas pada laki-laki beserta tanda atau simbol yang ada dalam iklan MS Glow MSkulin ditampilkan dengan bentuk tubuh yang berotot, besar dan laki-lagi tetap peduli dengan penampilannya. Sehingga para penonton atau konsumen dan pembaca penelitian mengenai iklan ini lebih dapat mengetahui makna dan arti dari simbolsimbol yang terdapat pada iklan MS Glow MSkulin.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Maskulinitas, Representasi, Semiotika | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 18 Jul 2023 07:08 | ||
Last Modified: | 18 Jul 2023 07:08 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20542 |
Actions (login required)
View Item |