Hudha, Nurul (2023) STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT POLDA DIY DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA POSITIF MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM AKUN @POLDAJOGJA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (835kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (229kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (712kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (88kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (614kB) |
Abstract
Penelitian ini tentang bagaimana strategi hubungan masyarakat Polda DIY dalam mempertahankan citra positif melalui media sosial Instagram akun @poldajogja. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan dalam satuan kerja bidang humas untuk mempertahankan citra positif Polda DIY. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data oleh peneliti yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori penelitian ini adalah Strategi Humas, Citra Positif, Media sosial Instagram. Teori strategi humas untuk merancang pesan yang digunakan menurut Harwood Childs yaitu teori strategi publisitas, strategi persuasi, strategi argumentasi, strategi pencitraan. Citra positif menggunakan teori lima indikator mempertahankan citra menurut Melvin Shape yaitu komunikasi yang jujur, keterbukaan dan konsisten, tindakan yang jujur, komunikasi dua arah secara kontinyu, evaluasi penelitian dan lingkungan. Media sosial Instagram merupakan sebuah platform media yang fokus pada eksistensi pengguna yang memfasilitasi pengguna dalam berkolaborasi maupun dalam beraktivitas. Penelitian ini menemukan bahwa strategi humas Polda DIY yang digunakan melalui penyampaian pesan di Instagram adalah menyebarkan berita positif, edukatif, informatif terkait mempertahankan citra positif yang telah diraih Polda DIY dan strategi yang diimplementasikan terkait strategi humas meliputi strategi publisitas, strategi persuasi, strategi argumentasi, strategi pencitraan dengan lima indikator mempertahankan citra positif yang salurkan melalui foto, video, cerita, siaran langsung di Instagram @Poldajogja dengan fitur pendukung Instagram.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Strategi humas, Citra positif, Media sosial instagram, Polda DIY | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 18 Jul 2023 03:52 | ||
Last Modified: | 18 Jul 2023 03:52 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20501 |
Actions (login required)
View Item |