Subekti, Khias Nurlatif Ari (2023) PERANCANGAN SISTEM PREDIKSI CHURN PELANGGAN PERUSAHAAN FASHION DENGAN MEMANFAATKAN ALGORITMA MACHINE LEARNING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (511kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (132kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (977kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (84kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source code 19.11.2776 Khias Nurlatif Ari Subekti.zip Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 19.11.2776 Khias Nurlatif Ari Subekti.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
Abstract
Customer churn analysis adalah metode yang digunakan oleh perusahaan untuk mengidentifikasi dan memprediksi pelanggan yang berpotensi untuk tidak kembali lagi bertransaksi di perusahaan. Hal tersebut merupakan masalah yang sangat penting karena pelanggan yang tidak loyal dapat mengurangi potensi pendapatan perusahaan dan meningkatkan biaya untuk mendapat pelanggan baru. Untuk melakukan churn customer analysis, perusahaan biasanya mengumpulkan data tentang perilaku pelanggan dalam beberapa bulan ke belakang untuk mencari informasi tentang penyebab pelanggan kembali atau tidak kembali bertransaksi di perusahaan. Data-data tersebut kemudian dianalisis menggunakan teknik algoritma seperti analisis regresi atau analisis klasifikasi untuk mencari tahu faktor-faktor yang memprediksi kemungkinan churn customer. Customer churn analysis dapat membantu perusahaan untuk mengetahui alasan pelanggan meninggalkan perusahaan dan mengambil tindakan preventif yang sesuai. Misalnya, perusahaan dapat meningkatkan layanan pelanggan atau menawarkan promosi khusus kepada pelanggan yang berpotensi akan meninggalkan perusahaan. Dengan demikian, perusahaan dapat menjaga pelanggan loyal dan meningkatkan pendapatan secara keseluruhan. Selain itu, perusahaan juga dapat menggunakan hasil customer churn analysis untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih baik dan menargetkan pelanggan potensial yang lebih efektif.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Churn, Customer, Perusahaan, Laba, Rugi. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 12 Apr 2023 02:07 | ||
Last Modified: | 27 Jul 2023 01:34 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18354 |
Actions (login required)
View Item |