Arista, Dina (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DREAMSCOOT BERBASIS KOMUNITAS. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (318kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (109kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (800kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 19.96.1416 Dina Arista.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
Abstract
Komunikasi dalam pemasaran merupakan hal penting dalam bisnis karena akan membantu perusahaan berkomunikasi dengan konsumen serta memenangkan persaingan pasar. Selain iklan, penjualan tatap muka, promosi, pemasaran langsung, perusahaan juga melakukan strategi komunikasi yang berbasis komunitas. Begitu juga yang dilakukan oleh sebuah bengkel Vespa matik bernama Dreamscoot yang melakukan strategi komunikasi pemasaran dengan komunitas Santscoot sebagai komunitas pecinta vespa. Penelitian ini akan menjawab bagaimana pola interaksi dalam komunitas Santscoot dan bagaimana strategi komunikasi berbasis komunitas di Santscoot sebagai bagian dari komunikasi pemasaran Dreamscoot. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori input-process-output model yang dikembangkan oleh Littlejohn. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan melalui observasi dan wawancara yang dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Dari hasil telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pola interaksi yang dimiliki oleh komunitas Santscoot adalah interaksi asosiatif karena dalam prosesnya mereka menjalin sebuah kerjasama, adanya bentuk akomodasi dan melakukan proses asimilasi yang membentuk persatuan. Kemudian strategi yang diterapkan oleh bengkel Dreamscoot adalah pendekatan interaksi dengan para anggota Komunitas Santscoot yang membentuk strategi word of mouth. Dari hasil analisis tersebut, peneliti menarik kesimpulan bahwa konsep stretegi komunikasi berbasis komunitas yang dilakukan Dreamscoot sudah terbilang cukup baik dan efektif.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Pemasaran, Dreamscoot, Santscoot, Komunitas | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 06 Apr 2023 01:40 | ||
Last Modified: | 28 Jul 2023 02:51 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18290 |
Actions (login required)
View Item |