STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DREAMSCOOT BERBASIS KOMUNITAS

Arista, Dina (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DREAMSCOOT BERBASIS KOMUNITAS. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 19.96.1416 Dina Arista.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)

Abstract

Komunikasi dalam pemasaran merupakan hal penting dalam bisnis karena akan membantu perusahaan berkomunikasi dengan konsumen serta memenangkan persaingan pasar. Selain iklan, penjualan tatap muka, promosi, pemasaran langsung, perusahaan juga melakukan strategi komunikasi yang berbasis komunitas. Begitu juga yang dilakukan oleh sebuah bengkel Vespa matik bernama Dreamscoot yang melakukan strategi komunikasi pemasaran dengan komunitas Santscoot sebagai komunitas pecinta vespa. Penelitian ini akan menjawab bagaimana pola interaksi dalam komunitas Santscoot dan bagaimana strategi komunikasi berbasis komunitas di Santscoot sebagai bagian dari komunikasi pemasaran Dreamscoot. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori input-process-output model yang dikembangkan oleh Littlejohn. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan melalui observasi dan wawancara yang dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Dari hasil telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pola interaksi yang dimiliki oleh komunitas Santscoot adalah interaksi asosiatif karena dalam prosesnya mereka menjalin sebuah kerjasama, adanya bentuk akomodasi dan melakukan proses asimilasi yang membentuk persatuan. Kemudian strategi yang diterapkan oleh bengkel Dreamscoot adalah pendekatan interaksi dengan para anggota Komunitas Santscoot yang membentuk strategi word of mouth. Dari hasil analisis tersebut, peneliti menarik kesimpulan bahwa konsep stretegi komunikasi berbasis komunitas yang dilakukan Dreamscoot sudah terbilang cukup baik dan efektif.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Kalis
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Dreamscoot, Santscoot, Komunitas
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 06 Apr 2023 01:40
Last Modified: 28 Jul 2023 02:51
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18290

Actions (login required)

View Item View Item