Rivaldy, Muhammad Deny (2023) PENERAPAN DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI MINAT BELI PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (547kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (319kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (52kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code 18.11.2431 Muhammad Deny Rivaldy.rar Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.11.2431 Muhammad Deny Rivaldy.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
Abstract
Di era milenial saat ini, aplikasi jejaring sosial atau yang disebut platform media sosial menjadi kebutuhan tersier yang hampir dimiliki oleh setiap orang, baik itu pelajar atau pekerja, anak-anak hingga orang dewasa dan tentunya para pelaku dunia hiburan atau seni. Salah satu platform media sosial yang saat ini paling banyak diakses oleh pengguna adalah Instagram yang merupakan media sosial berbasis gambar yang menyediakan layanan berbagai foto atau video menjadi feed yang dapat diedit dengan berbagai filter dan dikelola dengan tag informasi lokasi. Pencarian platform Instagram saat ini paling banyak dicari dan diminati oleh para pengguna. Ada banyak kegunaan Instagram yang bisa dimanfaatkan pengguna, salah satunya adalah berbisnis melalui Instagram dengan menjadikan akunnya sebagai toko jualan kekinian untuk mengumpulkan produk pelanggan. Pada penelitian kali ini dilakukan dengan memprediksi minat beli pada media sosial instagram. Sistem prediksi minat beli ini dibuat bertujuan untuk membantu pelanggan dalam memprediksi niat pembelian. Sistem ini menggunakan metode KNN atau K-Nearest Neighbor untuk mengklasifikasi objek baru berdasarkan jumlah post caption. Ke akuratan terbesar adalah 99,86% untuk minat Ya atau Tidak dalam memprediksi minat beli pada media sosial instagram.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Data Mining, K-Nearest Neighbor, Klasifikasi, Instagram, Minat Beli | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 05 Apr 2023 03:17 | ||
Last Modified: | 28 Jul 2023 03:27 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18234 |
Actions (login required)
View Item |