Zorahima, Naqiya (2021) IMPLEMENTASI ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE UNTUK ANALISIS SENTIMEN PADA DATA TWITTER TOKOPEDIA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (299kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (66kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source - 19.22.2329 - Naqiya Zorahima - Naqiya Zorahima.zip Restricted to Repository staff only Download (145MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-19.22.2329-Naqiya Zorahima - Naqiya Zorahima.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
Abstract
Twitter adalah sebuah layanan jejaring sosial dan mikroblog. Twitter memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks dengan 280 karakter. Berdasarkan data yang dilansir oleh Hootsuite pengguna twitter di Indonesia mencapai 10 juta pengguna aktif. Twitter menjadi salah satu jejaring sosial media untuk berbagi opini dalam bentuk cuitan. Analisis sentimen merupakan perpaduan dari text mining dan data mining, atau sebuah metode yang digunakan untuk memahami, mengekstrak pendapat dan mengolah pendapat yang diberikan konsumen atau publik melalui banyak media mengenai sebuah produk, jasa atau sebuah instansi. Tweet atau cuitan dibagi menjadi dua kategori tweet dengan sentimen positif dan tweet dengan sentimen negatif sehingga dapat dilihat bagaimana pandangan publik dari cuitan yang diberikan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Support Vector Machine dengan sumber data yang digunakan adalah data Twitter Tokopedia. Metode Support Vector Machine ini dilakukan dengan pengumpulang data, processing, pembobotan data dan pembuatan model klasifikas. Pada penelitian yang dilakukan yaitu membuat sebuah sistem yang mampu mengklasifikasikan cuitan kedalam kategori sentimen positif atau negatif. Penelitian ini terbukti bahwa algoritma Support Vector Machine ini dapat melakukan klasifikasi pada data Twitter yang diberikan dan dapat menganalisis secara otomatis. Hasil akurasi yang didapatkan melalui tiga pengujian dengan tiga percobaan jumlah data yang berbeda yaitu 500 data, 1000 data, dan 5000 data. Akurasi tertinggi berada pada pengujian ketiga dengan tingkat akurasi sebesar 90%.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Sentimen, Twitter, Support Vector Machine, Tokopedia. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 05 Apr 2023 02:15 | ||
Last Modified: | 28 Jul 2023 02:55 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18211 |
Actions (login required)
View Item |