ANIMASI “2-D” SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBATIK SISWA SDN MARGOREJO KECAMATAN KEREK TUBAN

Miranti, Anggih Eka (2010) ANIMASI “2-D” SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBATIK SISWA SDN MARGOREJO KECAMATAN KEREK TUBAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (663kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_08.21.0395 Anggih Eka Miranti.zip
Restricted to Repository staff only

Download (91MB)

Abstract

SDN Margorejo Kecamatan Kerek Tuban telah menerapkan pelajaran muatan lokal ―keterampilan membatik‖. Namun belum semua siswa kelas III, IV, V, VI memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar membatik. Rumusan masalah: Bagaimana membuat animasi 2-dimensi yang dapat digunakan sebagai Media untuk meningkatkan motivasi belajar Keterampilan Membatik bagi Siswa SDN Margorejo ? Metode Penelitian, antara lain menggunakan Studi Kepustakaan, Studi lapangan, Wawancara, dan angket. Analisis kebutuhan sistem dan Analisis kelayakan sistem. Analisis Kebutuhan Sistem terdiri dari Analisis Kebutuhan Informasi, Analisis Kebutuhan Hardware, dan Analisis Kebutuhan Software. Sedang Analisis Kelayakan Sistem terdiri dari Kelayakan teknologi dan Kelayakan Operasional. Perancangan Sistem antara lain Pra Produksi yang terdiri dari treatmen, skenario dan storyboard. Pada bagian Implementasi berupa Produksi, langkah-langkahnya antara lain: membuat gambar key, menentukan timing, membuat gambar inbetween, proses clean up, proses scanning dan pembuatan background. Pasca Produksi, langkah pokoknya dubbing dan editing. Kesimpulan: 1) Media animasi 2-dimensi sangat dibutuhkan untuk memberikan motivasi tambahan bagi para siswa dan guru agar pembelajaran keterampilan membatik berjalan lebih efektif. 2) Ada beberapa langkah untuk membuat animasi 2-dimensi sebagai media untuk meningkatkan motivasi belajar Membatik bagi Siswa SDN Margorejo, antara lain : Melakukan riset pengumpulan data, Melakukan kegiatan praproduksi, Melakukan kegiatan produksi, dan Melakukan kegiatan Post Produksi.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Al Fatta, Hanif
Uncontrolled Keywords: Informasi, Sistem Manajemen, Multimedia and Kebijakan.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 01 Mar 2023 04:41
Last Modified: 20 Nov 2023 03:08
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/17027

Actions (login required)

View Item View Item