IMPLEMENTASI FIELD PROGRAMMABLE GATE ARRAY (FPGA) UNTUK MEMBUAT GAME RICOCHET

Satrida, Astona Sura (2012) IMPLEMENTASI FIELD PROGRAMMABLE GATE ARRAY (FPGA) UNTUK MEMBUAT GAME RICOCHET. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_08.11.2471 Astona Sura Satrida.zip
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)

Abstract

Teknologi komputer merupakan pendukung bahkan penggerak kemajuan teknologi informasi pada jaman sekarang ini. Teknologi chip dalam komputasi mampu bersaing dalam bidang permainan tidak hanya berbasis software namun juga berbasis hardware. FPGA merupakan sebuah IC digital yang sering digunakan untuk mengimplementasikan rangkaian digital. FPGA adalah IC digital yang sering digunakan untuk mengimplementasikan algoritma, yang dikonfigurasi menggunakan bahasa deskripsi. Bahasa deskripsi yang digunakan adalah kode VHDL (Very high speed integrated Hardware Description Language). Skripsi ini memaparkan implementasi field programmable gate array (FPGA) untuk membuat Game Ricochet. Prinsip yang digunakan dalam skripsi ini adalah membuat game ricochet mengunakan komponen pada tingkat register transfer logic (RTL). Komponen yang digunakan dalam rancangan adalah register geser (shift register), penjumlahan (adder) dan multiplekser. Hasil sintesis yang diperoleh dalam FPGA Spartan-3E untuk mengimplementasikan Game Ricochet mengkonsumsi komponen 1.622 slices, 382 Slice Flip-Flop, 3064 4-input LUT, 14 IO, 14 Bonded IOB dan 1 GCLK. Sedangkan waktu yang diperlukan untuk memproses data pada Game Ricochet berbasis FPGA sebesar 11.899ns.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Wibowo, Ferry Wahyu
Uncontrolled Keywords: FPGA, Game Ricochet, IC Digital, RTL
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:00
Last Modified: 10 Nov 2023 02:22
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/16660

Actions (login required)

View Item View Item