REPRESENTASI MAKNA KEBAIKAN DALAM IKLAN TELEVISI (Analisis Semiotika Dalam “Iklan Makanan Ringan Biskuat – Versi My Buddy”)

Nugroho, Satriyo Aji (2021) REPRESENTASI MAKNA KEBAIKAN DALAM IKLAN TELEVISI (Analisis Semiotika Dalam “Iklan Makanan Ringan Biskuat – Versi My Buddy”). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (431kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (81kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.96.0066-Satriyo Aji Nugroho - Satriyo Aji Nugroho.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)

Abstract

Iklan makanan ringan Biskuat yang berjudul my buddy ini bercerita tentang seorang anak laki-laki yang dirundung oleh tiga orang anak nakal, karena memiliki keterbatasan fisik tuli. Mereka bertiga membuatnya terjatuh dan mengambil Biskuat anak tuli tersebut secara paksa dan anak tuli itu tidak membalas sama sekali. Suatu hari salah satu dari anak nakal tersebut tanpa sengaja melintasi rumah anak tuli saat bersepeda dan melihat anak tuli tersebut sedang berlatih bela diri taekwondo dengan ayahnya dan terkesima saat mengetahui bahwa anak tersebut memiliki kemampuan bela diri yang mumpuni karena memakai sabuk warna merah. Keesokan harinya, anak nakal tersebut menghampiri anak tuli tersebut dan bertanya mengapa diam saja dan tidak melawan saat anak nakal merundung anak tuli tersebut, padahal memiliki kemampuan bela diri. Iklan ini menunjukan bagaimana anak tuli tersebut menghadapi masalah dengan sebuah kebaikan, penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes yaitu dengan mencari bagian bagian yang terdapat dalam Roland Barthes seperti makna denotasi, konotasi, dan mitos dalam menganalisis tanda tanda yang terdapat dalam iklan tersebut yang mempresentasikan sebuah konsep kebaikan dalam diri anak laki laki yang memiliki keterbatasan tuli tersebut.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Yudaninggar, Kartikasari
Uncontrolled Keywords: Iklan, Konsep Kebaikan, Representasi, Semiotika, Roland Barthes
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Jun 2022 02:40
Last Modified: 14 Aug 2023 04:26
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1578

Actions (login required)

View Item View Item