ANALISIS OPINI MASYARAKAT MENGENAI UNGGAHAN ENDORSMENT PRODUK TERHADAP INFLUENCER SELEBRITI PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MENGGUNAKAN METODE KLASIFIKASI NAÏVE BAYES CLASSIFIER

Nugraha, Icha Nura (2022) ANALISIS OPINI MASYARAKAT MENGENAI UNGGAHAN ENDORSMENT PRODUK TERHADAP INFLUENCER SELEBRITI PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MENGGUNAKAN METODE KLASIFIKASI NAÏVE BAYES CLASSIFIER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (633kB)
[img] Text (BAB II)
BAB I.pdf

Download (354kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 19.11.2646 Icha Nura Nugraha.zip
Restricted to Repository staff only

Download (34MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
PUBLIKASI 19.11.2646 Icha Nura Nugraha.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)

Abstract

Perkembangan teknologi tidak dapat dicegah dan dihindari setiap manusia. Revolusi Industri 4.0 dimanfaatkan pelaku bisnis dan wirausaha dalam mendukung sektor bisnis dalam migrasi tradisional ke teknologi digital untuk menjangkau pasar yang luas. Teknologi informasi berkembang pesat salah satunya media sosial Instagram mudahnya penggunaan dalam bertukar informasi dan saling mengikuti dapat menyebabkan setiap pengguna dapat menjadi idola maupun selebriti bagi pengguna lain. Popularitas memberi peluang dan berkolaborasi dengan suatu produk sebagai strategi marketing. Peneliti melakukan analisis sentimen terhadap influencer selebriti dan produk merek ternama dengan metode Naïve Bayes Classifier. Pengukuran model yang dibantu metode Naïve Bayes mengambil dari data komentar sejumlah unggahan produk endorse yang serupa dari influencer sebagai dataset. Metode Naïve Bayes Classifier menghasilkan akurasi 77% presisi 78% recall 77% f1-score 77% dengan rata-rata cross validation akurasi 73% presisi 71% recall 71% f1-score 71% k-5 iterasi. Peneliti melakukan uji pada data apabila terdapat seimbang data menghasilkan akurasi 86% presisi 86% recall 86% f1-score 86% dengan rata-rata cross validation akurasi 87% presisi 88% recall 87% f1-score 87% k-5 iterasi. Sedangkan pada data yang telah ditambah Unicode CLDR menghasilkan akurasi 74% presisi 77% recall 73% f1 score 73% dengan rata rata cross validation k-5 iterasi akurasi 73% presisi 75% recal 72% f1 score 71% apabila data dibagi seimbang 1000 data accuracy 81% precision 83% recall 81% f1 score 80 dengan K-fold 5 Iterasi rata-rata accuracy 77% precision 79% recall 77% f1-score 76% . Data 1500 akurasi 82% presisi 84% recall 82% f1 score 82% dengan rata-rata cross validation k-5 akurasi 79% presisi 81% recall 79% f1 score 79%.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
-, Kusrini
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, Endorsment Produk, Strategi Marketing Selebriti Influencer, Naïve Bayes Classifier, Instagram
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 01 Feb 2023 06:21
Last Modified: 28 Jul 2023 07:04
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/15717

Actions (login required)

View Item View Item