Nugraha, Icha Nura (2022) ANALISIS OPINI MASYARAKAT MENGENAI UNGGAHAN ENDORSMENT PRODUK TERHADAP INFLUENCER SELEBRITI PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MENGGUNAKAN METODE KLASIFIKASI NAÏVE BAYES CLASSIFIER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (633kB) |
|
Text (BAB II)
BAB I.pdf Download (354kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (92kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 19.11.2646 Icha Nura Nugraha.zip Restricted to Repository staff only Download (34MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
PUBLIKASI 19.11.2646 Icha Nura Nugraha.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi tidak dapat dicegah dan dihindari setiap manusia. Revolusi Industri 4.0 dimanfaatkan pelaku bisnis dan wirausaha dalam mendukung sektor bisnis dalam migrasi tradisional ke teknologi digital untuk menjangkau pasar yang luas. Teknologi informasi berkembang pesat salah satunya media sosial Instagram mudahnya penggunaan dalam bertukar informasi dan saling mengikuti dapat menyebabkan setiap pengguna dapat menjadi idola maupun selebriti bagi pengguna lain. Popularitas memberi peluang dan berkolaborasi dengan suatu produk sebagai strategi marketing. Peneliti melakukan analisis sentimen terhadap influencer selebriti dan produk merek ternama dengan metode Naïve Bayes Classifier. Pengukuran model yang dibantu metode Naïve Bayes mengambil dari data komentar sejumlah unggahan produk endorse yang serupa dari influencer sebagai dataset. Metode Naïve Bayes Classifier menghasilkan akurasi 77% presisi 78% recall 77% f1-score 77% dengan rata-rata cross validation akurasi 73% presisi 71% recall 71% f1-score 71% k-5 iterasi. Peneliti melakukan uji pada data apabila terdapat seimbang data menghasilkan akurasi 86% presisi 86% recall 86% f1-score 86% dengan rata-rata cross validation akurasi 87% presisi 88% recall 87% f1-score 87% k-5 iterasi. Sedangkan pada data yang telah ditambah Unicode CLDR menghasilkan akurasi 74% presisi 77% recall 73% f1 score 73% dengan rata rata cross validation k-5 iterasi akurasi 73% presisi 75% recal 72% f1 score 71% apabila data dibagi seimbang 1000 data accuracy 81% precision 83% recall 81% f1 score 80 dengan K-fold 5 Iterasi rata-rata accuracy 77% precision 79% recall 77% f1-score 76% . Data 1500 akurasi 82% presisi 84% recall 82% f1 score 82% dengan rata-rata cross validation k-5 akurasi 79% presisi 81% recall 79% f1 score 79%.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Sentimen, Endorsment Produk, Strategi Marketing Selebriti Influencer, Naïve Bayes Classifier, Instagram | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 01 Feb 2023 06:21 | ||
Last Modified: | 28 Jul 2023 07:04 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/15717 |
Actions (login required)
View Item |