REPRESENTASI BUDAYA DALAM IKLAN TELEVISI INDOMIE HYPE ABIS VERSI AYAM GEPREK DAN SEBLAK HOT JELETOT

Mihrobi, Yusafi (2021) REPRESENTASI BUDAYA DALAM IKLAN TELEVISI INDOMIE HYPE ABIS VERSI AYAM GEPREK DAN SEBLAK HOT JELETOT. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (938kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (159kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.96.0023-Yusafi Mihrobi - Yusafi Mihrobi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)

Abstract

Iklan televisi kini sering dikemas dalam bentuk non komersial yang tampaknya lebih menyerupai program televisi daripada iklan. Sedangkanperkembangan internet yang sangat cepat pada akhirnya mempengaruhi mediamassa tradisional dan mendorong periklanan untuk mencari alternatif lain untukmenyampaikan pesan dengan target khalayaknya yaitu antara lain dengan menjadikan bagian dari budaya populer seperti penayangan iklan di Televisi. Media massa yang memiliki pengaruh besar dapat digunakan untukmempromosikan kebudayaan Indonesia sendiri agar tidak kalah denganperkembangan jaman. Iklan Indomie Hype Abis Versi Ayam Geprek dan Seblak Hot Jeletotberdasarkan tanda-tanda dalam iklan. Penelitian ini menggunakan metodepenelitian kualitatif. Televisi merupakan media yang dapat mempengaruhiaudience yang menonton. Subjek dari penelitian ini adalah iklan Indomie HypeAbis Versi Ayam Geprek dan Seblak Hot Jeletot yang berdurasi 30 detik.Penelitian ini menggunakan analisis semiotika dengan beberapa teori relevan yaitu Konotasi dan Denotasi Roland Barthes. Teknik pengumpulan data dalampenelitian ini dengan menganalisis setiap scene yang terdapat representasi budayaindonesia dalam iklan tersebut. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukan bahwa iklanIndomie Hype Abis Versi Ayam Geprek dan Seblak Hot Jeletot terdapatrepresentasi budaya sesuai dengan teori semiotika Roland Barthes. Konotasi dandenotasi kebudayaan terdapat dalam setiap scene, properti dan kostum yangdigunakan oleh pemeran iklan tersebut. seperti pada scene pertama dan kedua,pada scene tersebut paling banyak menampilkan unsur kebudayaan melaluiwardrope artist menggunakan baju dan pola-pola budaya Indonesia. Selain ituproperti yang digunakan juga mengandung unsur kebudayaan hal itu dapat dilihatdari properti kain batik yang dipakai salah satu artis.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurusa’adah, Erfina
Uncontrolled Keywords: Representasi Budaya, Iklan Indomie, Analisis Semiotika, Indomie Hype Abis, Indomie
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Jun 2022 07:07
Last Modified: 14 Aug 2023 04:22
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1487

Actions (login required)

View Item View Item