PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PELAYANAN E-LAPOR BERBASIS WEBSITE DI KABUPATEN TEGAL

Mahendra, Yoni Esa (2022) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PELAYANAN E-LAPOR BERBASIS WEBSITE DI KABUPATEN TEGAL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (658kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (82kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code-18.11.2300-Yoni Esa Mahendra - 2300_ Yoni Esa Mahendra.zip
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.11.2300-Yoni Esa Mahendra - 2300_ Yoni Esa Mahendra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)

Abstract

Bentuk pelaporan permasalah pada umumnya di daerah Kabupaten Tegal menggunakan media seperti contohnya media sosial dan telephone, namun juga tak jarang masyarakat melakukan pelaporan dengan datang langsung ke kantor polisi terdekat. Ada 2 Aplikasi yang umum digunakan di Kabupaten Tegal untuk melaporkan suatu kejadian yaitu LAPOR! yang dapat digunakan untuk semua wilayah di indonesia dan aplikasi E- Lapor Kabupaten Tegal, namun kedua aplikasi tersebut tidak memiliki fitur tindakan cepat yang dikelola kepolisian sektor. Kasus-kasus yang terjadi seperti kebakaran yang terjadi pada 5 November 2021 di Desa Sumbaga dan 2 kali bunuh diri di Desa Buniwah dan Desa Karang Jambu, merupakan kasus yang kurang efektif dalam penanganannya karena keterlambatan tiba di lokasi. Melihat dari permasalahan dalam penanganan kasus-kasus tersebut, penulis merencanakan untuk membuat sistem untuk pelapor yang mana dapat melaporkan laporannya langsung kepada Polisi yang bertanggung jawab dengan wilayah sektor setempat dengan harapan bahwa laporan cepat tersampaikan dan dapat segera ditangani. Penulis melakukan perancangan sistem berlandaskan pada hasil analisis kebutuhan baik itu isi format informasi penting pelaporan,maupun perangkat keras yang digunakan oleh Kepolisian melalui wawancara dan diskusi. Penulis mengambil solusi dengan pembuatan sistem diharapkan sistem dapat digunakan untuk mempermudah aktifitas pelaporan cepat dan memaksimalkan penanganan yang cepat dan bisa menyelesaikan masalah keterlambatan. Hasil dari jawaban responden mengenai sistem tersebut menunjukan respon dan penilaian positif dari masyarkat dan kepolisian. Kesimpulan dari hal tersebut yaitu pencapaian penelitian yang melalui rangkaian pengujian mengalami keberhasilan dalam membantu masyarakat melaporkan laporan serta membantu kepolisian untuk menyelesaikan tugas-tugasnya yang berkaitan dengan laporan cepat.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Rahardi, Majid
Uncontrolled Keywords: Layanan Publik, Pelaporan, LAPOR!, Kepolisian, e-lapor
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 28 Dec 2022 07:20
Last Modified: 31 Jul 2023 02:56
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13754

Actions (login required)

View Item View Item