Mahendra, Yoni Esa (2022) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PELAYANAN E-LAPOR BERBASIS WEBSITE DI KABUPATEN TEGAL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (658kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (170kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (82kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code-18.11.2300-Yoni Esa Mahendra - 2300_ Yoni Esa Mahendra.zip Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.11.2300-Yoni Esa Mahendra - 2300_ Yoni Esa Mahendra.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) |
Abstract
Bentuk pelaporan permasalah pada umumnya di daerah Kabupaten Tegal menggunakan media seperti contohnya media sosial dan telephone, namun juga tak jarang masyarakat melakukan pelaporan dengan datang langsung ke kantor polisi terdekat. Ada 2 Aplikasi yang umum digunakan di Kabupaten Tegal untuk melaporkan suatu kejadian yaitu LAPOR! yang dapat digunakan untuk semua wilayah di indonesia dan aplikasi E- Lapor Kabupaten Tegal, namun kedua aplikasi tersebut tidak memiliki fitur tindakan cepat yang dikelola kepolisian sektor. Kasus-kasus yang terjadi seperti kebakaran yang terjadi pada 5 November 2021 di Desa Sumbaga dan 2 kali bunuh diri di Desa Buniwah dan Desa Karang Jambu, merupakan kasus yang kurang efektif dalam penanganannya karena keterlambatan tiba di lokasi. Melihat dari permasalahan dalam penanganan kasus-kasus tersebut, penulis merencanakan untuk membuat sistem untuk pelapor yang mana dapat melaporkan laporannya langsung kepada Polisi yang bertanggung jawab dengan wilayah sektor setempat dengan harapan bahwa laporan cepat tersampaikan dan dapat segera ditangani. Penulis melakukan perancangan sistem berlandaskan pada hasil analisis kebutuhan baik itu isi format informasi penting pelaporan,maupun perangkat keras yang digunakan oleh Kepolisian melalui wawancara dan diskusi. Penulis mengambil solusi dengan pembuatan sistem diharapkan sistem dapat digunakan untuk mempermudah aktifitas pelaporan cepat dan memaksimalkan penanganan yang cepat dan bisa menyelesaikan masalah keterlambatan. Hasil dari jawaban responden mengenai sistem tersebut menunjukan respon dan penilaian positif dari masyarkat dan kepolisian. Kesimpulan dari hal tersebut yaitu pencapaian penelitian yang melalui rangkaian pengujian mengalami keberhasilan dalam membantu masyarakat melaporkan laporan serta membantu kepolisian untuk menyelesaikan tugas-tugasnya yang berkaitan dengan laporan cepat.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Layanan Publik, Pelaporan, LAPOR!, Kepolisian, e-lapor | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 28 Dec 2022 07:20 | ||
Last Modified: | 31 Jul 2023 02:56 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/13754 |
Actions (login required)
View Item |