Alallah, Mochammad Mutawakkil (2021) ANALISIS KOMUNIKASI VISUAL DAN PROSES KREATIF KAOS DAGADU DJOKDJA EDISI KHUSUS #JAGAJARAKSATUKANGERAK. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (558kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (415kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (109kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada perusahaan PT. ASELI DAGADU DJOKDJA sebagai salah satu merchandise khas kota Jogja dengan desain plesetannya. pada saat pertama kalinya dikabarkan bahwa terdapat warga yang terpapar virus baru yaitu Covid-19. banyak toko, wisata yang ditutup, dan karyawan dirumahkan serta di PHK. akan tetapi banyak orang yang masih bergantung dengan pekerjaan di luar ruangan. Dagadu yang memiliki media yaitu kaos, dan massa yaitu komunitas dan lain-lain menginisiasi untuk mengedukasi masyarakat melalui desain kaos, aspek komunikasi visual yang ditampilkan pada produk ini menjadi sangat signifikan karena berperan untuk membentuk keunggulan produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi visual dan proses kreatif pada desain edisi khusus program kampanye #JagaJarakSatukanGerak. Metode penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah primer dan sekunder dengan pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian serta konklusi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang disampaikan pada media kaos ialah untuk mengingatkan orang tetap menjaga jarak dan memakai masker. Peletakan desain cenderung lebih besar dibelakang karena agar orang yang dibelakang teredukasi tanpa memberitahu langsung. Proses kreatif yang dilakukan tidak sepenuhnya dipakai, terdapat proses yang tidak dilakukan karena waktu yang sempit untuk produksi hingga distribusi dalam kampanye ini yaitu proses iluminasi, Dagadu langsung ke tahap verifikasi yaitu gambar digital.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Visual, Kaos Dagadu Djokdja, Merchandise Khas Jogja, Kualitas Visual, Proses Kreatif | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 16 Jun 2022 03:38 | ||
Last Modified: | 11 Aug 2023 06:52 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1265 |
Actions (login required)
View Item |