Sya’bana, Helfira Nabila (2021) KONTEN BEAUTY VLOGGER DAN PERILAKU GAYA HIDUP KONSUMTIF MAHASISWI ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2017 UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (626kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (303kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (889kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (85kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana faktor perilaku konsumen dapat mempengaruhi timbulnya perilaku gaya hidup konsumtif pada mahasiswi ilmu komunikasi angkatan 2017 di Universitas Amikom Yogyakarta setelah menonton konten review pada media sosial beauty vlogger. Pada penelitian ini juga menggunakan teori faktor perilaku konsumen yang terdiri dari faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologi. Adanya faktor-faktor ini dapat mempengaruhi tindakan konsumtif dalam pembelian produk kecantikan. Tindakan pembelian konsumtif yang dimaksud adalah pembelian secara berlebihan, pembelian secara berulang, dan pembelian secara impulsif atau tiba tiba. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif agar data yang diperoleh dapat memberikan hasil yang lebih detail dan terperinci. Karena, data di deskripsikan satu persatu tiap narasumber oleh peneliti. Penentuan narasumber dipilih menggunakan purposive sampling agar sesuai dengan yang diinginkan oleh peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan oleh peneliti adalah triangulasi sumber yaitu perbandingan berdasarkan hasil wawancara terhadap narasumber dengan dokumentasi atau foto yang diperoleh peneliti dari narasumber terkait. Selain itu, peneliti juga menyertakan data dari artikel serta jurnal maupun penelitian terdahulu untuk memperkuat data dalam penelitian ini yang termasuk dalam triangulasi metode. Hasil yang didapatkan oleh peneliti adalah bahwa faktor perilaku konsumen memiliki pengaruh dalam pembelian konsumtif mahasiswi. Peran kelompok lingkungan pada faktor sosial, trend kecantikan yang viral di media sosial pada faktor budaya, kemampuan dan kesadaran diri pada faktor pribadi, serta adanya motivasi, persepsi, dan proses belajar yang dialami pada faktor psikologi.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana faktor perilaku konsumen dapat mempengaruhi timbulnya perilaku gaya hidup konsumtif pada mahasiswi ilmu komunikasi angkatan 2017 di Universitas Amikom Yogyakarta setelah menonton konten review pada media sosial beauty vlogger. Pada penelitian ini juga menggunakan teori faktor perilaku konsumen yang terdiri dari faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologi. Adanya faktor-faktor ini dapat mempengaruhi tindakan konsumtif dalam pembelian produk kecantikan. Tindakan pembelian konsumtif yang dimaksud adalah pembelian secara berlebihan, pembelian secara berulang, dan pembelian secara impulsif atau tiba tiba. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif agar data yang diperoleh dapat memberikan hasil yang lebih detail dan terperinci. Karena, data di deskripsikan satu persatu tiap narasumber oleh peneliti. Penentuan narasumber dipilih menggunakan purposive sampling agar sesuai dengan yang diinginkan oleh peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan oleh peneliti adalah triangulasi sumber yaitu perbandingan berdasarkan hasil wawancara terhadap narasumber dengan dokumentasi atau foto yang diperoleh peneliti dari narasumber terkait. Selain itu, peneliti juga menyertakan data dari artikel serta jurnal maupun penelitian terdahulu untuk memperkuat data dalam penelitian ini yang termasuk dalam triangulasi metode. Hasil yang didapatkan oleh peneliti adalah bahwa faktor perilaku konsumen memiliki pengaruh dalam pembelian konsumtif mahasiswi. Peran kelompok lingkungan pada faktor sosial, trend kecantikan yang viral di media sosial pada faktor budaya, kemampuan dan kesadaran diri pada faktor pribadi, serta adanya motivasi, persepsi, dan proses belajar yang dialami pada faktor psikologi. | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 15 Jun 2022 07:59 | ||
Last Modified: | 11 Aug 2023 06:44 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1161 |
Actions (login required)
View Item |