Yudianto, Muhammad Resa Arif (2018) IMPEMENTASI METODE OBJECT-RELATIONAL MAPPING MENGGUNAKAN PYTHON DALAM SISTEM INFORMASI PENGADUAN “WADUL”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (295kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (100kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 15.12.8892 Muhammad Resa Arif Yudianto.zip Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Melihat kondisi nyata dan data-data yang ada di media sosial saat ini banyak permasalahan dan keluhan yang terjadi di sekitar kita seperti jalan rusak, pembuatan KTP yang tidak kunjung jadi, lampu lalu lintas rusak, dan lain-lain yang masih lambat penanganannya. Hal itu dikarenakan tidak adanya media pengaduan dari instansi atau ada media pengaduan dari instansi akan tetapi tidak dapat menampung permasalahan diluar kewenangan dari instansi tersebut. Oleh sebab itu, penulis mencoba mengembangkan sistem informasi pengaduan yang dapat menampung lebih dari satu jenis pengaduan dan kemudian akan meneruskan pengaduan dari masyarakat tersebut ke instansi terkait. Sistem informasi pengaduan ini berbasis website, yang dikembangkan dengan metode ORM (Object-Relational Mapping) untuk mempermudah dan mempercepat proses pengembangannya. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analiss SWOT dan metode perancangan yang digunakan adalah UML. Perancangan dimulai dengan latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan perancangan, identifikasi, pengumpulan data, analisis, perancangan, pengembangan, pengujian dan implementasi sistem. Hasil akhir dari perancangan ini adalah suatu sistem informasi pengaduan berbasis website yang dikembangkan dengan metode ORM, yang bersifat sebagai pihak ketiga yaitu menampung setiap permasalahan dari masyarakat dan meneruskan ke instansi terkait. Proses pembuatan pengaduan hanya dapat diakses oleh masyarakat yang telah memiliki hak akses untuk login yaitu dengan mendaftar menjadi member. Sistem ini memiliki fitur like dan share ke media sosial.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Django, ORM, Python, Pengaduan, Complaint | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 17 Nov 2022 07:42 | ||
Last Modified: | 22 Sep 2023 02:27 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/11252 |
Actions (login required)
View Item |