Aisyah, Hanif (2021) ANALISIS KOMENTAR INSTAGRAM PADA AKUN WARDAH TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (605kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (357kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (754kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (595kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (133kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code-16.11.0625-HanifAisyah - Hanif Aisyah.rar Restricted to Repository staff only Download (714kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.11.0625-Hanif Aisyah - Hanif Aisyah.pdf Restricted to Repository staff only Download (584kB) |
Abstract
Wardah adalah salah satu brand kecantikan yang ada di indonesia. Wardah memiliki berbagai jenis produk kecantikan mulai dari makeup, skincare, haircare, bodycare hingga produk luxury. Minat akan kecantikan yang semakin tinggi di Indonesia membuat produsen kosmetik harus lebih inovatif di berbagai bidang. Salah satunya yaitu penggunaan media sosial Instagram sebagai alat promosi. Fitur komentar pada Instagram yang berisi feedback dari konsumen dapat memberikan banyak informasi mengenai minat beli dan selera pasar. Pada penelitian ini akan diuji pengaruh komentar Instagram terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan metode Support Vector Machine dengan mengambil komentar pengguna instagram pada unggahan produk Acnederm, Lightening, Lip Cream, dan Hydra Rose. Setelah melalui penyaringan, data yang digunakan sebesar 2156 komentar. Data tersebut kemudian dilakukan prepocessing, perhitungan Tf-idf, klasifikasi menggunakan SVM dan validasi dengan k-fold cross validation. Hasil dari penelitian didapatkan persentase minat beli konsumen Wardah untuk acnederm sebesar 31%, hydra rose sebesar 32,67%, lightening sebesar 21,33%, dan lip cream sebesar 15%. Sedangkan hasil akurasi sentimen komentar produk wardah Acnederm sebesar 80,3%, Hydra Rose 83,8%, Lightening 81,3%, dan Lip Cream 87,3%. Kemudian dari hasil tersebut akan dilakukan validasi k-fold cross validation agar akurasi analisis SVM lebih akurat. Hasil analisis sentimen yang dilakukan menghasilkan akurasi yang baik terlepas dari data yang digunakan tidak seimbang. Pada tahap pelabelan manual masih terdapat kesulitan dalam mengkategorikan sentimen positif (minat) dan negatif (tidak minat). Hal ini dikarenakan data komentar wardah diklasifikasikan sesuai dengan kandungan maanfaat setiap produk Wardah yang berbeda. Adapun setelah dilakukan pemilahan data komentar, ternyata data yang dipakai tidak seimbang antara data positif dan negatif. Namun ketika dilakukan pengklasifikasian dan pengujian, data tersebut tetap bisa diklasifikasikan dengan baik.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | komentar, minat beli, SVM, tf-idf, k-fold cross validation | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 14 Jun 2022 07:55 | ||
Last Modified: | 10 Aug 2023 02:58 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1087 |
Actions (login required)
View Item |