Primastiani, Devia (2021) REPRESENTASI TOLERANSI SOSIAL, AGAMA DAN ETNIS DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Roland Barthes Iklan Teh Botol Sosro Versi Semeja Bersaudara). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (438kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (94kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.96.0209-Devia Primastiani - Devia Primastiani.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Iklan merupakan suatu pesan yang menawarkan produk yang ditujukan kepada khalayak melalui suatu media. Iklan bukan hanya mempromosikan produk namun di dalamnya juga mengandung makna pesan yang ingin disampaikan kepada khalayak. Iklan Teh Botol Sosro versi Semeja Bersaudara merupakan iklan yang menayangkan adanya perbedaan-perbedaan yang ada di setiap lapisan masyarakat dari segi latar belakang identitas, agama, ras, etnis dan golongan. Iklan ini mengandung makna toleransi sosial, agama dan ras dan gambaran tindakan atau sikap yang dapat menjadi inspirasi oleh masyarakat terutama anak-anak. Maka dari itu, penulis mengambil judul Representasi Toleransi Sosial, Agama dan Etnis dalam Iklan Teh Botol Sosro versi Semeja Bersaudara dengan analisis semiotika Roland Barthes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi toleransi sosial, agama dan etnis dalam iklan Teh Botol Sosro versi Semeja Bersaudara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes serta menggunakan teori representasi. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui video di akun YouTube resmi miliki Teh Botol Sosro. Penulis juga menggunakan data sekunder yang diperoleh dari referensi pada penelitian terdahulu, buku, skripsi, jurnal, maupun artikel dari internet yang relevan dengan penelitian. Penelitian ini menggunakan model analisis semiotika Roland Barthes yang membagi penandaan menjadi dua tatanan yaitu denotasi dan konotasi, disertai dengan mitos. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, toleransi sosial, agama dan etnis dalam iklan Teh Botol Sosro versi Semeja Bersaudara direpresentasikan dalam tindakan-tindakan yang merepresentasikan toleransi sosial diperlihatkan dalam beberapa adegan antara lain setiap orang yang saling berbagi, ramah dan bersikap sopan kepada orang lain terutama orang yang lebih tua, saling memahami dan mengerti situasi dan kondisi orang lain, mampu untuk bekerja sama dengan orang lain tanpa melihat perbedaan baik dari gender, agama, latar belakang identitas orang lain dan menghormati hak orang lain. Selain itu toleransi antar agama direpresentasikan dalam beberapa tindakan atau sikap berupa saling menghormati dan menghargai keyakinan orang lain dan tidak melakukan diskriminasi terhadap kelompok atau golongan yang berbeda agama dan keyakinan. Toleransi antar etnis juga digambarkan dengan sikap saling menghargai dan menghormati kaum mayoritas maupun kaum minoritas baik ras atau etnis serta tidak menghakimi satu sama lain karena perbedaan warna kulit, kepercayaan dan budaya.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Semiotika, Iklan, Representasi, Toleransi | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 14 Jun 2022 07:50 | ||
Last Modified: | 11 Aug 2023 01:53 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1085 |
Actions (login required)
View Item |