Dewantara, Muhamad (2025) STRATEGI KOMUINIKASI VISUAL DALAM THUMBNAIL REELS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI (STUDI KUALITATIF PADA AKUN @SELINGKARFORUM). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (951kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (234kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (80kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas strategi komunikasi visual yang diterapkan dalam thumbnail Instagram Reels sebagai media promosi, dengan studi kasus pada akun @selingkarforum. Instagram Reels menjadi fitur yang populer karena kemampuannya dalam menarik perhatian melalui video pendek. Namun, daya tarik awal terhadap konten sangat dipengaruhi oleh desain thumbnail yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis elemenelemen komunikasi visual seperti ilustrasi, tipografi, teks, warna, dan layout dalam desain thumbnail yang digunakan oleh @selingkarforum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi visual yang konsisten dan sesuai dengan karakter audiens , mampu meningkatkan daya tarik visual dan efektivitas promosi. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi kreator konten dalam mengembangkan strategi visual yang efektif di media sosial.
| Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Visual, Thumbnail, Instagram Reels, Promosi Digital, Strategi Visual | ||
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 02:01 | ||
| Last Modified: | 18 Nov 2025 02:01 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31136 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

