STRATEGI KOMUINIKASI VISUAL DALAM THUMBNAIL REELS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI (STUDI KUALITATIF PADA AKUN @SELINGKARFORUM)

Dewantara, Muhamad (2025) STRATEGI KOMUINIKASI VISUAL DALAM THUMBNAIL REELS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI (STUDI KUALITATIF PADA AKUN @SELINGKARFORUM). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (951kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (80kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)

Abstract

Penelitian ini membahas strategi komunikasi visual yang diterapkan dalam thumbnail Instagram Reels sebagai media promosi, dengan studi kasus pada akun @selingkarforum. Instagram Reels menjadi fitur yang populer karena kemampuannya dalam menarik perhatian melalui video pendek. Namun, daya tarik awal terhadap konten sangat dipengaruhi oleh desain thumbnail yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis elemenelemen komunikasi visual seperti ilustrasi, tipografi, teks, warna, dan layout dalam desain thumbnail yang digunakan oleh @selingkarforum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi visual yang konsisten dan sesuai dengan karakter audiens , mampu meningkatkan daya tarik visual dan efektivitas promosi. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi kreator konten dalam mengembangkan strategi visual yang efektif di media sosial.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Erlistyarini, Yulinda
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Visual, Thumbnail, Instagram Reels, Promosi Digital, Strategi Visual
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Nov 2025 02:01
Last Modified: 18 Nov 2025 02:01
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31136

Actions (login required)

View Item View Item