ANALISIS DAN PERANCANGAN GAME EDUKASI “GARBAGE CATCHER” BERBASIS ANDROID

Abdillah, Gusta Luhur (2021) ANALISIS DAN PERANCANGAN GAME EDUKASI “GARBAGE CATCHER” BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (629kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (62kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Script & Garbage Catcher.apk - Gusta Luhur Abdillah.zip
Restricted to Repository staff only

Download (29MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
PUBLIKASI - 16.12.9235 - GUSTA LUHUR ABDILLAH - Gusta Luhur Abdillah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)

Abstract

Sampah adalah suatu material sisa yang dibuang dan berasal dari manusia, hewan, ataupun dari tumbuhan sebagai hasil dari proses produksi, baik itu industri maupun rumah tangga. Jenis sampah pada umumnya yaitu ada sampah organik, dan sampah anorganik. Namun sampah merupakan salah satu masalah yang paling banyak ditemui di Indonesia dan masyarakat saat ini belum bisa membedakan jenisjenis sampah yang ada, sehingga daur ulang sampah akan sulit untuk dilakukan. Game edukasi adalah permainan yang digunakan sebagai media pembelajaran, melibatkan anak-anak dalam proses pengalaman dan sekaligus menghayati tantangan, mendapatkan inspirasi, terdorong agar untuk berpikir kreatif. Dalam penelitian ini penulis membuat game edukasi tentang membuang untuk memberikan pengetahuan tentang cara membedakan sampah dengan tepat. Karena game merupakan salah satu media pembelajaran yang tepat jika diterapkan dalam masyarakat. Hasil dari penelitian ini menggunakan metode pengembangan Indie Game Development dan game engine Unity. Setelah dilakukan kuesioner kepada responden yang telah memainkan game tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa setelah memainkan game tersebut pemain sudah bisa membedakan jenis sampah dengan baik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Prabowo, Donni
Uncontrolled Keywords: Permainan Edukasi, Permainan Endless Running, Indie Game Development, Education Game, Endless Running Game
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:31
Last Modified: 09 Aug 2023 07:17
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/988

Actions (login required)

View Item View Item