Abdillah, Gusta Luhur (2021) ANALISIS DAN PERANCANGAN GAME EDUKASI “GARBAGE CATCHER” BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (629kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (285kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (62kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Script & Garbage Catcher.apk - Gusta Luhur Abdillah.zip Restricted to Repository staff only Download (29MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
PUBLIKASI - 16.12.9235 - GUSTA LUHUR ABDILLAH - Gusta Luhur Abdillah.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
Abstract
Sampah adalah suatu material sisa yang dibuang dan berasal dari manusia, hewan, ataupun dari tumbuhan sebagai hasil dari proses produksi, baik itu industri maupun rumah tangga. Jenis sampah pada umumnya yaitu ada sampah organik, dan sampah anorganik. Namun sampah merupakan salah satu masalah yang paling banyak ditemui di Indonesia dan masyarakat saat ini belum bisa membedakan jenisjenis sampah yang ada, sehingga daur ulang sampah akan sulit untuk dilakukan. Game edukasi adalah permainan yang digunakan sebagai media pembelajaran, melibatkan anak-anak dalam proses pengalaman dan sekaligus menghayati tantangan, mendapatkan inspirasi, terdorong agar untuk berpikir kreatif. Dalam penelitian ini penulis membuat game edukasi tentang membuang untuk memberikan pengetahuan tentang cara membedakan sampah dengan tepat. Karena game merupakan salah satu media pembelajaran yang tepat jika diterapkan dalam masyarakat. Hasil dari penelitian ini menggunakan metode pengembangan Indie Game Development dan game engine Unity. Setelah dilakukan kuesioner kepada responden yang telah memainkan game tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa setelah memainkan game tersebut pemain sudah bisa membedakan jenis sampah dengan baik.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Permainan Edukasi, Permainan Endless Running, Indie Game Development, Education Game, Endless Running Game | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 14 Jun 2022 02:31 | ||
Last Modified: | 09 Aug 2023 07:17 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/988 |
Actions (login required)
View Item |