TEXT MINING UNTUK ANALISIS SENTIMEN REVIEW PARFUM HMNS MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES

Priyadi, Ayu Hajar Nastiti (2021) TEXT MINING UNTUK ANALISIS SENTIMEN REVIEW PARFUM HMNS MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (60kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-17.12.0264-Ayu Hajar Nastiti Priyadi - Ayu Hajar Nastiti Priyadi.rar
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.12.0264-Ayu Hajar Nastiti Priyadi - Ayu Hajar Nastiti Priyadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)

Abstract

Pengguna media sosial saat ini sangat besar, dimana setiap orang mengungkapkan pendapat, komentar, kritik dan lain-lain di dalamnya. Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan yaitu twitter. Twitter seringkali digunakan untuk mengungkapkan ulasan atau review erhadap suatu produk. Data tersebut memberikan informasi yang dapat membantu orang atau organisasi dalam pengambilan keputusan, karena didalam sebuah lasan terdapat informasi dalam bentuk emosi yang dapat diketahui sentimennya pakah negatif atau positif. Namun, jumlah data yang sangat besar tidak mungkin bagi manusia untuk membaca dan menganalisis secara manual. Ansalisis Sentimen merupakan proses dalam menganlisa pendapat, entimen, evaluasi, penilaian dan emosi seseorang terhadap suatu topik, produk, ayanan, organisasi, individu, ataupun kegiatan tertentu. Penelitian ini dilakukan ntuk mengetahui performa algoritma Naive Bayes Classifier dalam melakukan proses klasifikasi berdasarkan review atau ulasan konsumen sebuah produk parfum aitu HMNS yang terdapat pada twitter. Metode Naїve Bayes Classifier dan seleksi itur Term-Frequency diterapkan pada penelitian ini. Dari penelitian ini diperoleh asil akurasi Algoritma Naïve Bayes Classifier dengan seleksi fitur TermFrequency sebesar 86%, dilakukan juga pengujian menggunakan k-fold cross alidation dengan k = 10 menghasilkan akurasi sebesar 82%.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pristyanto, Yoga
Uncontrolled Keywords: Review, Twitter, Analisis Sentimen, Naïve Bayes Classifier, K-Fold Cross Validation, Sentiment Analysis
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:03
Last Modified: 09 Aug 2023 07:02
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/975

Actions (login required)

View Item View Item