Priyadi, Ayu Hajar Nastiti (2021) TEXT MINING UNTUK ANALISIS SENTIMEN REVIEW PARFUM HMNS MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (233kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (800kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (800kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (953kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (60kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code-17.12.0264-Ayu Hajar Nastiti Priyadi - Ayu Hajar Nastiti Priyadi.rar Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.12.0264-Ayu Hajar Nastiti Priyadi - Ayu Hajar Nastiti Priyadi.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) |
Abstract
Pengguna media sosial saat ini sangat besar, dimana setiap orang mengungkapkan pendapat, komentar, kritik dan lain-lain di dalamnya. Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan yaitu twitter. Twitter seringkali digunakan untuk mengungkapkan ulasan atau review erhadap suatu produk. Data tersebut memberikan informasi yang dapat membantu orang atau organisasi dalam pengambilan keputusan, karena didalam sebuah lasan terdapat informasi dalam bentuk emosi yang dapat diketahui sentimennya pakah negatif atau positif. Namun, jumlah data yang sangat besar tidak mungkin bagi manusia untuk membaca dan menganalisis secara manual. Ansalisis Sentimen merupakan proses dalam menganlisa pendapat, entimen, evaluasi, penilaian dan emosi seseorang terhadap suatu topik, produk, ayanan, organisasi, individu, ataupun kegiatan tertentu. Penelitian ini dilakukan ntuk mengetahui performa algoritma Naive Bayes Classifier dalam melakukan proses klasifikasi berdasarkan review atau ulasan konsumen sebuah produk parfum aitu HMNS yang terdapat pada twitter. Metode Naїve Bayes Classifier dan seleksi itur Term-Frequency diterapkan pada penelitian ini. Dari penelitian ini diperoleh asil akurasi Algoritma Naïve Bayes Classifier dengan seleksi fitur TermFrequency sebesar 86%, dilakukan juga pengujian menggunakan k-fold cross alidation dengan k = 10 menghasilkan akurasi sebesar 82%.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Review, Twitter, Analisis Sentimen, Naïve Bayes Classifier, K-Fold Cross Validation, Sentiment Analysis | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 14 Jun 2022 02:03 | ||
Last Modified: | 09 Aug 2023 07:02 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/975 |
Actions (login required)
View Item |