Fadhillah, Muhammad Fahmi (2022) {SKEMA ARTIS} PROSES KREATIF SUTRADARA DALAM MEREALISASIKAN PESAN DI VIDEO KLIP "MAMA". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (568kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (258kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (90kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 17.96.0200 Muhammad Fahmi Fadhillah.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
Abstract
Industri kreatif mengalami perkembangan yang sangat pesat, salah satunya pada bidang multimedia informasi seperti TV dan film termasuk juga dengan video klip. Selain untuk media promosi, video klip dapat digunakan untuk memperkuat penyampaian pesan dalam lagu itu sendiri. Memvisualisasikan cerita melalui skenario dan pengambilan gambar, dengan begitu makna yang ingin disampaikan akan berkenaan dengan para penonton. Video klip yang berjudul “Mama” menceritakan tentang kerenggangan keluarga, yaitu seorang anak perempuan yang merasa menyesal telah memperlakukan sang ibunda secara tidak baik di masa lalu, sewaktu sang ibunda masih ada di dunia ini. Pada video klip “Mama” ini, bekerjasama dengan Jacson Zeran & Hendri Endico penyanyi dari timur Indonesia untuk berkolaborasi bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dari proses kreatif seorang Sutradara dalam pembuatan video klip “Mama”, selain itu menggunakan teori proses produksi dan teori video klip sebagai semiotika komunikai visual. Fokus dari penelitian ini adalah pada makna yang ditampilkan setiap scene yang disajikan pada video klip “Mama”. Penelitian ini menunjukan bahwa peran sutradara sangat penting mulai dari yang bersifat pemaknaan maupun teknik dalam sebuah produksi. Pada proses pembuatan video klip “Mama” ini sutradara berperan mulai dari dari praproduksi, produksi, hingga pascaproduksi. Dimulai dari membedah naskah skenario ke dalam shot list, story board, call sheet dan proses kreatif pendukung seperti casting talent, reading, rehearsal dan blocking. Semua yang dihadirkan pada layar menjadi tanggung jawab penuh dari seorang sutradara.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Video klip, Sutradara, Produksi, Proses Kreatif | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 777 Sinematografi dan videografi |
||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Oct 2022 06:48 | ||
Last Modified: | 31 Jul 2023 06:17 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/9576 |
Actions (login required)
View Item |