PEMBUATAN GAME EDUKASI KUIS CANGKRINGAN BERBASIS FLASH MENGGUNAKAN MACROMEDIA DIRECTOR MX 2004

Fatoni, Agus Ahmad (2016) PEMBUATAN GAME EDUKASI KUIS CANGKRINGAN BERBASIS FLASH MENGGUNAKAN MACROMEDIA DIRECTOR MX 2004. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (991kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 11.12.5584 Agus Ahmad Fatoni.zip
Restricted to Repository staff only

Download (128MB)

Abstract

Game merupakan salah satu pengembangan dari multimedia dalam bidang hiburan, game juga sudah berkembang sangat pesat dan dapat diakses pada bermacam macam platform seperti arcade, PC, console dan mobile. Namun saat ini pengguna game terutama anak-anak menjadi berlebihan dalam memainkan game karena rendahnya pengawasan, sehingga waktu belajarnya pun berkurang karena lebih memilih bermain game. Penelitian ini akan membahas bagaimana cara membuat game edukasi Kuis Cangkringan berbasis flash, diharapkan selain dapat mengisi waktu luang dan bersenang-senang pemain juga dapat memperluas wawasan-nya dalam pelajaran bahasa Jawa. Game ini akan penulis buat dengan aplikasi Macromedia Director MX 2004 sebagai aplikasi utamanya dan aplikasi pendukung lain seperti Adobe Photoshop CS5 sebagai pengolah gambar serta Adobe Soundboth CS4 yang digunakan untuk pengolahan efek suara dan musik background. Elemenelemen yang dibuat berupa gambar, suara, dan text yang berupa soal-soal kuis nantinya akan di import dan diorganisir ke dalam cast yang ada dalam aplikasi Macromedia Director MX 2004 untuk kemudian di susun dan diolah dalam Stage, Score dan Channel. penulis nantinya akan memanfaatkan Lingo sebagai dasar pemrograman dan animasi agar hasil menjadi lebih menarik. Hasil dari penelitian ini adalah game kuis berplatform desktop dengan tampilan menarik, mencakup materi pembelajaran yang banyak, serta mudah dalam penggunaanya. Diharapkan selain dapat bersaing mendapat nilai tertinggi pemain juga dapat mengasah kemampuanya dalam pengetahuan bahasa Jawa.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Luthfi, Emha Taufiq
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Game Edukasi, Macromedia Director MX 2004
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 24 Oct 2022 04:13
Last Modified: 21 Sep 2023 01:56
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/9512

Actions (login required)

View Item View Item