SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENILAIAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) PADA UNIT PELAYANAN PUBLIK MILIK PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA Studi Kasus: Kantor Kecamatan Gedongtengen Kota Yogyakarta

Wulandari, Retno (2015) SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENILAIAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) PADA UNIT PELAYANAN PUBLIK MILIK PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA Studi Kasus: Kantor Kecamatan Gedongtengen Kota Yogyakarta. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (830kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (62kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
SOURCE_CODE 13.22.1523 Retno Wulandari.zip
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)

Abstract

Pelayanan publik oleh aparatur pemerintah masih banyak dijumpai kelemahan sehingga belum dapat memenuhi kualitas yang diharapkan masyarakat. Fungsi utama pemerintah adalah melayani masyarakat, oleh karena itu pemerintah perlu terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik perlu disusun Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebagai tolok ukur untuk menilai tingkat kualitas pelayanan. Pemerintah Kota Yogyakarta sebagai salah satu instansi pemerintah melakukan evaluasi terhadap tingkat pelayanan kepada masyarakat dengan cara memberikan kuesioner yang harus diisi oleh warga masyarakat sebagai responden. Penilaian ini masih dilakukan secara manual sehingga cukup memakan waktu dan biaya. Sistem Penunjang Keputusan ini dibuat dengan tujuan membantu pemerintah dalam mengambil keputusan mengenai penilaian Indeks Kepuasan Masyarakat. Dengan demikian dapat diketahui mutu dan kinerja unit pelayanan suatu instansi untuk kemudian dapat dilakukan perbaikan. Sistem ini menggunakan metode scoring dengan bobot nilai dan range konversi yang sudah diatur dalam Keputusan Menteri PAN Nomor: KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Pada sistem ini digunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Sistem Penunjang Keputusan Penilaian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang telah dibuat bisa memenuhi tujuan dalam mendapatkan penilaian indeks atas kualitas pelayanan publik. Dengan metode yang tidak rumit dan fleksibel untuk diaplikasikan pada berbagai karakteristik dan kondisi Unit Pelayanan bisa menghasilkan Penilaian yang cukup detail dan menyeluruh. Sistem dengan prosedur yang simple membuat mudah dipahami dan digunakan terutama bagi masyarakat awam sebagai responden.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Amborowati, Armadyah
Uncontrolled Keywords: Sistem penunjang keputusan, Pelayanan publik, Indeks kepuasan masyarakat, Mutu dan kinerja
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 24 Oct 2022 03:22
Last Modified: 19 Sep 2023 06:37
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/9459

Actions (login required)

View Item View Item