ALGORITMA NEURAL NETWORK UNTUK KLASIFIKASI LAPORAN PENGADUAN

Khoiruddin, Lukman (2021) ALGORITMA NEURAL NETWORK UNTUK KLASIFIKASI LAPORAN PENGADUAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (607kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Souce Code-18.12.0558-Lukman Khoiruddin - Lukman Khoiruddin.zip
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.12.0558-Lukman Khoiruddin - Lukman Khoiruddin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)

Abstract

Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (SP4N LAPOR!) adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat Indonesia melalui beberapa kanal pengaduan. Dengan adanya sistem ini, aduan yang dilakukan masyarakat dapat terintegrasi dan disalurkan ke instansi / pihak yang sesuai kewenangan. Dengan terintegrasinya maka jumlah pengaduan yang masuk ke sistem sangat banyak sehingga terdapat kendala dalam proses verifikasi pengaduan guna diteruskan ke pihak yang berwenang. Proses klasifikasi laporan dibutuhkan untuk mempercepat proses verifikasi dan tindak lanjut aduan. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengklasifikasikan setiap laporan pengaduan dan mengetahui pengaruh tahapan Replace Slang Word. Pada penelitian ini menggunakan Artificial Neural Network digunakan dalam proses klasifikasi setiap data pengaduan dengan menggunakan jumlah 750 data pengaduan dan 3 kategori yaitu pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur dalam pembagian jumlah data yang sama dalam setiap kategori. Data yang digunakan berasal dari situs LAPOR! yang memiliki rentang waktu antara 2018 sampai Oktober 2021. Data pengaduan yang berasal dari berbagai tempat dan kalangan maka dimungkinkan terdapat kata slang / gaul sehingga pada tahap Preprocessing menggunakan tahapan Replace Slang Word untuk mengganti kata slang ke kata aslinya. Pengujian model dilakukan dengan tiga skenario dengan nilai epoch berbeda pada setiap skenario. Pada pengujian pertama dengan hasil tanpa tahapan Replace Slang Word memiliki nilai dalam Accuracy yaitu 98.67%, untuk F1 Score, Precission, dan Recall bernilai sama yaitu 98.47%. Dengan menggunakan tahapan Replace Slang Word memiliki nilai dalam Accuracy yaitu 99.33%, untuk F1 Score, Precission, dan Recall bernilai sama yaitu 99.09%. Pada pengujian kedua dengan hasil tanpa tahapan Replace Slang Word memiliki nilai dalam Accuracy yaitu 97.33%, untuk F1 Score, Precission, dan Recall bernilai sama yaitu 97.22 %. Dengan menggunakan tahapan Replace Slang Word memiliki nilai dalam Accuracy yaitu 98.00%, untuk F1 Score, Precission, dan Recall bernilai sama yaitu 98.24%. Dengan hasil yang tinggi dalam pengujian pertama dan kedua dari model maka metode yang diusulkan dapat digunakan dalam klasifikasi laporan pengaduan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pristyanto, Yoga
Uncontrolled Keywords: Klasifikasi, Pengaduan, Artificial Neural Network.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 13 Jun 2022 06:50
Last Modified: 09 Aug 2023 03:29
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/893

Actions (login required)

View Item View Item