ANALISIS DAN PEMBUATAN MEDIA EDUKASI INTERAKTIF BAB SEL UNTUK KELAS XI PADA SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Majid, Safura Hamida (2017) ANALISIS DAN PEMBUATAN MEDIA EDUKASI INTERAKTIF BAB SEL UNTUK KELAS XI PADA SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (989kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 13.12.7212 Safura Hamida Majid.zip
Restricted to Repository staff only

Download (33MB)

Abstract

Pada saat ini proses pembelajaran Biologi di kelas XI pada SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta masih menggunakan methode dengan teknik konvensional. Teknik ini sudah lama dipakai dan sudah cukup bagus serta representatif untuk dilakukan guru dalam mengajar, akan tetapi pada materi Biologi Bab Sel ada permasalahan dalam beberapa bagian, misalnya dalam memberikan ilustrasi tentang bagaimana proses-proses mikroskopis yang terjadi pada sel. Dalam penyajian pembelajaran, penggunaan media interaktif dirasa lebih dapat dimanfaatkan, maka dari itu penulis melakukan penelitian untuk menerapkan media edukasi interaktif. Metode pengumpulan data secara umum yang digunakan adalah wawancara, studi pustaka, dan observasi. Untuk siklus pengembangan sistem dilakukan metode-metode yaitu mendefinisikan masalah, analisis kelayakan, analisis kebutuhan fungsional dan nonfungsional. Kemudian dilakukan produksi media interaktif. Jika di analisa faktor efisiensi dari sistem lama, dapat dikatakan sistem dalam hal menerangkan kurang efisien. Hasil analisa dari kinerja yang diukur dari Response Time, yaitu waktu yang digunakan pengajar untuk menulis dan menggambar penjelasan materi yang ada memakan waktu jam pelajaran. Dalam hal visualisasi, materi dinilai kurang jelas seperti visualisasi pada proses mikroskopis dalam sel. Media interaktif mampu menampilkan teks, gambar, animasi, suara, dan video sehingga dapat memberikan informasi yang lebih banyak, dan memberikan efisiensi kerja yang lebih dibandingkan dengan teknik konvensional.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Agus
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Pembelajaran, Media Interaktif, Biologi Bab Sel, Efisensi Mengajar.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 12 Oct 2022 07:17
Last Modified: 19 Sep 2023 07:50
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8740

Actions (login required)

View Item View Item