Majid, Safura Hamida (2017) ANALISIS DAN PEMBUATAN MEDIA EDUKASI INTERAKTIF BAB SEL UNTUK KELAS XI PADA SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (247kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (989kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (95kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 13.12.7212 Safura Hamida Majid.zip Restricted to Repository staff only Download (33MB) |
Abstract
Pada saat ini proses pembelajaran Biologi di kelas XI pada SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta masih menggunakan methode dengan teknik konvensional. Teknik ini sudah lama dipakai dan sudah cukup bagus serta representatif untuk dilakukan guru dalam mengajar, akan tetapi pada materi Biologi Bab Sel ada permasalahan dalam beberapa bagian, misalnya dalam memberikan ilustrasi tentang bagaimana proses-proses mikroskopis yang terjadi pada sel. Dalam penyajian pembelajaran, penggunaan media interaktif dirasa lebih dapat dimanfaatkan, maka dari itu penulis melakukan penelitian untuk menerapkan media edukasi interaktif. Metode pengumpulan data secara umum yang digunakan adalah wawancara, studi pustaka, dan observasi. Untuk siklus pengembangan sistem dilakukan metode-metode yaitu mendefinisikan masalah, analisis kelayakan, analisis kebutuhan fungsional dan nonfungsional. Kemudian dilakukan produksi media interaktif. Jika di analisa faktor efisiensi dari sistem lama, dapat dikatakan sistem dalam hal menerangkan kurang efisien. Hasil analisa dari kinerja yang diukur dari Response Time, yaitu waktu yang digunakan pengajar untuk menulis dan menggambar penjelasan materi yang ada memakan waktu jam pelajaran. Dalam hal visualisasi, materi dinilai kurang jelas seperti visualisasi pada proses mikroskopis dalam sel. Media interaktif mampu menampilkan teks, gambar, animasi, suara, dan video sehingga dapat memberikan informasi yang lebih banyak, dan memberikan efisiensi kerja yang lebih dibandingkan dengan teknik konvensional.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Multimedia, Pembelajaran, Media Interaktif, Biologi Bab Sel, Efisensi Mengajar. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 12 Oct 2022 07:17 | ||
Last Modified: | 19 Sep 2023 07:50 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8740 |
Actions (login required)
View Item |