Husnafandriya, Robby (2022) PERANCANGAN APLIKASI BELAJAR BAHASA JAWA KRAMA ALUS BERBASIS ANDROID DISERTAI PENERJEMAHAN BAHASA INDONESIA KE JAWA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (613kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (212kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (66kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code 17.12.0343 Robby Husnafandriya.rar Restricted to Repository staff only Download (158MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 17.12.0343 Robby Husnafandriya.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) |
Abstract
Perkembangan media teknologi pada jaman sekarang ini sudah berkembang sangat pesat, terutama handphone. Karena praktis mudah dibawa kemanapun orang tersebut berada. Saat ini Bahasa Jawa sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan. dikarenakan orang tua jaman sekarang tidak membiasakan anak untuk berbahasa Jawa krama alus dengan baik sejak dini. Orang tua lebih suka menggunakan Bahasa Indonesia untuk berkomunikasi dengan anaknya. Hal ini membuat Bahasa Jawa krama alus menjadi semakin asing di kalangannya sendiri, serta dapat menyebabkan kepunahan Bahasa Jawa krama alus, sehingga perlu diusahakan semua kalangan menjaga dan mempelajari Bahasa Jawa krama alus. Untuk membantu mempermudah masyarakat Jawa di wilayah Boyolali dalam mempelajari Bahasa Jawa, maka penulis merancang dan membuat sebuah aplikasi belajar Bahasa Jawa krama alus berbasis android disertai penerjemahan Bahasa Indonesia ke Jawa. Pembuatan aplikasi ini menggunakan Android Studio dengan Bahasa pemrograman javascript. Metode perancangan yang digunakan adalah metode perancangan SDLC (Systems development life cycle) model Iterative. Metode ini diambil karena setiap tahapan proses pengembangan sistem dapat diulang jika terdapat kekurangan atau kesalahan. Tahapan tersebut meliputi requirements analysis, design, implementation dan testing. Hasil penelitian ini diuji melalui kuesioner UAT (User Acceptance Test) dan didapat 19 responden.. Hasil presentase pengujian kuesioner dalam aspek penilaian aplikasi memiliki persentase sebesar 77,18% dikategorikan Sangat Baik, dalam aspek meningkatkan keinginan belajar memiliki persentase sebesar 54,17% dapat dikategorikan Baik, aspek mempermudah belajar memiliki persentase sebesar 66,19% dikategorikan Baik.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Handphone, Aplikasi, Android, Translate, Bahasa Jawa Krama Alus, Metode SDLC Model Iterative | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 10 Oct 2022 06:47 | ||
Last Modified: | 01 Aug 2023 01:23 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8672 |
Actions (login required)
View Item |