PERANCANGAN APLIKASI BELAJAR BAHASA JAWA KRAMA ALUS BERBASIS ANDROID DISERTAI PENERJEMAHAN BAHASA INDONESIA KE JAWA

Husnafandriya, Robby (2022) PERANCANGAN APLIKASI BELAJAR BAHASA JAWA KRAMA ALUS BERBASIS ANDROID DISERTAI PENERJEMAHAN BAHASA INDONESIA KE JAWA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (613kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (66kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code 17.12.0343 Robby Husnafandriya.rar
Restricted to Repository staff only

Download (158MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 17.12.0343 Robby Husnafandriya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)

Abstract

Perkembangan media teknologi pada jaman sekarang ini sudah berkembang sangat pesat, terutama handphone. Karena praktis mudah dibawa kemanapun orang tersebut berada. Saat ini Bahasa Jawa sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan. dikarenakan orang tua jaman sekarang tidak membiasakan anak untuk berbahasa Jawa krama alus dengan baik sejak dini. Orang tua lebih suka menggunakan Bahasa Indonesia untuk berkomunikasi dengan anaknya. Hal ini membuat Bahasa Jawa krama alus menjadi semakin asing di kalangannya sendiri, serta dapat menyebabkan kepunahan Bahasa Jawa krama alus, sehingga perlu diusahakan semua kalangan menjaga dan mempelajari Bahasa Jawa krama alus. Untuk membantu mempermudah masyarakat Jawa di wilayah Boyolali dalam mempelajari Bahasa Jawa, maka penulis merancang dan membuat sebuah aplikasi belajar Bahasa Jawa krama alus berbasis android disertai penerjemahan Bahasa Indonesia ke Jawa. Pembuatan aplikasi ini menggunakan Android Studio dengan Bahasa pemrograman javascript. Metode perancangan yang digunakan adalah metode perancangan SDLC (Systems development life cycle) model Iterative. Metode ini diambil karena setiap tahapan proses pengembangan sistem dapat diulang jika terdapat kekurangan atau kesalahan. Tahapan tersebut meliputi requirements analysis, design, implementation dan testing. Hasil penelitian ini diuji melalui kuesioner UAT (User Acceptance Test) dan didapat 19 responden.. Hasil presentase pengujian kuesioner dalam aspek penilaian aplikasi memiliki persentase sebesar 77,18% dikategorikan Sangat Baik, dalam aspek meningkatkan keinginan belajar memiliki persentase sebesar 54,17% dapat dikategorikan Baik, aspek mempermudah belajar memiliki persentase sebesar 66,19% dikategorikan Baik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sutanto, Yudi
Uncontrolled Keywords: Handphone, Aplikasi, Android, Translate, Bahasa Jawa Krama Alus, Metode SDLC Model Iterative
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Oct 2022 06:47
Last Modified: 01 Aug 2023 01:23
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8672

Actions (login required)

View Item View Item