Billah, Arwian Musthazim (2022) RANCANG SISTEM BERBASIS WEB UNTUK MENYUSUN STRATEGI PENJUALAN BAGI OLSHOPER DENGAN MENCARI POLA HUBUNGAN ANTAR ITEM MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (795kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (167kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (746kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (67kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.11.2549 Arwian Musthazim Billah.zip Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.11.2549 Arwian Musthazim Billah.pdf Restricted to Repository staff only Download (704kB) |
Abstract
Di era 4.0 ini, lebih banyak orang menggunakan teknologi digital untuk bekerja sehari-hari, apalagi dalam bidang usaha yang banyak sekali orang berjualan online. Setiap pelaku usaha yang ingin tetap bertahan atau ingin memajukan usahanya perlu untuk menentukan pengefektifan strategi penjualan yang tepat. Salah satu stategi penjualan yang tepat adalah dengan menggunakan data transaksi, semakin banyak data transaksi tersimpan menyebabkan penyimpanan data menjadi besar, yang nantinya akan diolah agar dapat memberikan informasi dalam meningkatkan strategi penjualan. Para penjual online (olshopers) memerlukan sebuah metode untuk menganalisa pangsa pasar melalui pola penjualan untuk mengetahui kecenderungan konsumen dalam membeli barang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah data mining dengan menggunakan algoritma apriori. Algoritma apriori merupakan algoritma yang dapat digunakan untuk menemukan dan mempelajari aturan asosiasi, mencari pola hubungan antar satu atau lebih item dalam suatu dataset dengan menghitung nilai support dan confidencenya. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati beberapa variabel penelitian yang sering dipertimbangkan oleh para pelaku usaha online, dan hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu sebuah aplikasi berbasis web untuk menganalisa pola belanja yang mana pola belanja yang dihasilkan dapat dijadikan rekomendasi dalam menentukan strategi promosi penjualan saat ingin menjual barang lebih dari satu secara bersamaan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Algoritma Apriori, Data mining, Strategi Promosi, Analisis Pola Belanja, Penjualan | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 10 Oct 2022 06:41 | ||
Last Modified: | 01 Aug 2023 01:33 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8671 |
Actions (login required)
View Item |