RANCANG SISTEM BERBASIS WEB UNTUK MENYUSUN STRATEGI PENJUALAN BAGI OLSHOPER DENGAN MENCARI POLA HUBUNGAN ANTAR ITEM MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Billah, Arwian Musthazim (2022) RANCANG SISTEM BERBASIS WEB UNTUK MENYUSUN STRATEGI PENJUALAN BAGI OLSHOPER DENGAN MENCARI POLA HUBUNGAN ANTAR ITEM MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (795kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (67kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.11.2549 Arwian Musthazim Billah.zip
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.11.2549 Arwian Musthazim Billah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)

Abstract

Di era 4.0 ini, lebih banyak orang menggunakan teknologi digital untuk bekerja sehari-hari, apalagi dalam bidang usaha yang banyak sekali orang berjualan online. Setiap pelaku usaha yang ingin tetap bertahan atau ingin memajukan usahanya perlu untuk menentukan pengefektifan strategi penjualan yang tepat. Salah satu stategi penjualan yang tepat adalah dengan menggunakan data transaksi, semakin banyak data transaksi tersimpan menyebabkan penyimpanan data menjadi besar, yang nantinya akan diolah agar dapat memberikan informasi dalam meningkatkan strategi penjualan. Para penjual online (olshopers) memerlukan sebuah metode untuk menganalisa pangsa pasar melalui pola penjualan untuk mengetahui kecenderungan konsumen dalam membeli barang. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah data mining dengan menggunakan algoritma apriori. Algoritma apriori merupakan algoritma yang dapat digunakan untuk menemukan dan mempelajari aturan asosiasi, mencari pola hubungan antar satu atau lebih item dalam suatu dataset dengan menghitung nilai support dan confidencenya. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati beberapa variabel penelitian yang sering dipertimbangkan oleh para pelaku usaha online, dan hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu sebuah aplikasi berbasis web untuk menganalisa pola belanja yang mana pola belanja yang dihasilkan dapat dijadikan rekomendasi dalam menentukan strategi promosi penjualan saat ingin menjual barang lebih dari satu secara bersamaan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Huda, Arif Akbarul
Uncontrolled Keywords: Algoritma Apriori, Data mining, Strategi Promosi, Analisis Pola Belanja, Penjualan
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Oct 2022 06:41
Last Modified: 01 Aug 2023 01:33
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8671

Actions (login required)

View Item View Item