PERANCANGAN APLIKASI DESAIN BANGUNAN 3D MENGGUNAKAN VIRTUAL REALITY DAN GOOGLE CARDBOARD DI TJANTIK KOST YOGYAKARTA

Pratama, Bagus Yudha (2022) PERANCANGAN APLIKASI DESAIN BANGUNAN 3D MENGGUNAKAN VIRTUAL REALITY DAN GOOGLE CARDBOARD DI TJANTIK KOST YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (922kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (62kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 17.11.1383 Bagus Yudha Pratama.rar
Restricted to Repository staff only

Download (50MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 17.11.1383 Bagus Yudha Pratama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)

Abstract

Presentasi arsitektur memiliki perkembangan dari masa ke masa. Yang bermula dari menggunakan gambar tangan kemudian terus berkembang menjadi visual yang di ciptakan komputer, semakin maju teknologi maka presentasi yang di hasilkan akan semakin menarik karena hasil visual semakin mendekati object rancangan aslinya. Maka dari itu peneliti mengembangkan presentasi arsitektur dengan menerapkan teknologi Virtual Reality pada Tjantik Kost Yogyakarta agar proses pembangunan dan presentasi arsitektur akan lebih interaktif dan menarik. Virtual Reality adalah sebuah teknologi yang dapat membuat pengguna berinteraksi di lingkungan Virtual dengan media komputer yang di simulasikan secara real time. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memudahkan client dalam melihat presentasi bangunan secara langsung dengan hasil yang mendekati kenyataan tanpa harus mendatangi lokasi pembangunan dan tidak membuang waktu. Metodologi penelitian yang di gunakan adalah Rapid Application Development. Hasil penelitian berupa desain tiga dimensi gedung Tjantik Kost Yogyakarta yang di desain menggunakan game engine Unity 3D dan plugin Android SDK yang di build untuk smartphone berbasis Android versi 9.0 pie yang memiliki sensor Accelerometer dan gyroscope. Hasil dan pengujian di buktikan dengan validasi berupa hasil wawancara tanya jawab client pemilik dari Tjantik Kost Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurcholis, Muhammad Tofa
Uncontrolled Keywords: Virtual Reality, Android, Google Cardboard, Unity 3D
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Oct 2022 04:38
Last Modified: 01 Aug 2023 03:51
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8611

Actions (login required)

View Item View Item