Salsabila, Ayunda Cesa (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UMKM ABON DAUN EMAS SLEMAN DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS MELALUI INSTAGRAM. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (845kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (387kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (94kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.96.0458 Ayunda Cesa Salsabila.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
Abstract
Instagram menjadi salah satu media sosial yang memiliki manfaat tidak hanya sebagai penyebaran informasi tetapi juga dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha seperti UMKM sebagai media promosi. Hal ini digunakan Abon Daun Emas untuk melakukan strategi komunikasi pemasaran guna membangun brand awareness di tengah persaingan kompetitor, melalui akun Instagram dengan username @abondaunemas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yakni dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi non partisipan dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana strategi komunikasi pemasaran Abon Daun Emas Yogyakarta dalam membangun brand Awareness melalui media sosial Instagram. Hasil dari penelitian ini adalah Abon Daun Emas mengaplikasikan strategi komunikasi pemasaran menggunakan teori Integrated Marketing Communication (IMC) yang terdiri dari enam unsur yaitu direct marketing seperti melakukan promosi melalui direct message Instagram, melakukan iklan melalui media Tribun dan Jogja TV, promosi penjualan dengan melakukan promo buy one get one dan gratis ongkir pada postingan Instagram, publisitas dengan melakukan endorsement melalui tokoh publik serta promosi acara skala besar seperti pameran UMKM, penjualan secara langsung atau personal selling, yaitu kegiatan promosi secara langsung melalui berbagai acara dengan skala kecil seperti arisan dan komunitas, dan terakhir pemasaran interaktif yaitu mengupayakan untuk selalu terhubung dengan konsumen melalui kolom komentar di postingan Instagram. Keenam unsur tersebut saling berhubungan dan dipublikasikan melalui akun Instagram Abon Daun Emas guna menciptakan dan membangun brand awareness di benak konsumen. Dalam melakukan strategi pemasaran tentunya Abon Daun Emas memiliki kendala yaitu kurangnya sumber daya manusia dalam pengelolaan Instagram.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Instagram, Strategi Komunikasi Pemasaran, Brand Awareness, IMC | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi |
||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 10 Oct 2022 04:35 | ||
Last Modified: | 02 Aug 2023 04:24 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8607 |
Actions (login required)
View Item |