Kurniady, Arief (2022) IMPLEMENTASI METODE BASED MARKER TRACKING PADA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (219kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (998kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (44kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code-18.11.2313-Arief Kurniady.zip Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.11.2313-Arief Kurniady.pdf Restricted to Repository staff only Download (789kB) |
Abstract
Pada saat ini telah terjadi perkembangan teknologi yang sangat signifikan jika dibandikan sebelumnya. Perkembangan teknologi yang pesat ini mendorong berbagai bidang mulai memanfaatkan teknologgi yang ada tanpa terkecuali bidang pendidikan. Penerapan teknologi di bidang pendidikan yaitu dengan cara menggunakannya sebagai media pembelajaran dalam menyapaikan sebuah materi agar materi yang disampaikan lebih mudah dipahami. Augmented reality (AR) merupakan salah satu perkembangan teknologi yang dapat menggabungkan antara dunia maya (virtual) dengan dunia nyata (real). Dimana AR ini akan mulai menggantikan motode belajar dan mengajar yang hanya berfokus pada buku sebagai alat peraganya. Tujuan peneliti dalam mekakukan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan suatu model media pembelajaran yang menerpakan teknologi Augmented Reality yang kemudaian dijadikan dalam bentuk aplikasi Android. Pengembangan menggunakan metode ADDIE ddengan 5 tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode ini sangat cocok digunakan dalam pengembangan media pembelajaran. Aplikasi ini dibuat dengan Software Unity 3D serta Vuforia SDK dimana aplikasi ini bisa menampilkan objek 3D berdasarkan marker yang discan. Objek 3D yang muncul menampilkan animasi bergerak serta terdapat materi penjelasan yang dapat mebantu pelajar dalam memahami materi yang diajarkan. Hasil pengembangan aplikasi ini dapat memberikan kemudahan bagi pendidik dalam penyampaian materi serta dapat mengatasi masalah kegiatan belajar dan mengejar yang monoton. Aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai alat peraga oleh para pengajar serta dana digunakan oleh para pelajar dalam kegiatan belajar mandiri.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Media Pembelajaran, Media Interaktif | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Oct 2022 02:47 | ||
Last Modified: | 03 Aug 2023 01:28 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8399 |
Actions (login required)
View Item |