KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA (Studi Kasus Upaya Disparpora Kabupaten Magelang dalam Mempertahankan Eksistensi Pariwisata di Masa Pandemi Covid – 19)

Swadani, Maharsma Rorirulia (2021) KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA (Studi Kasus Upaya Disparpora Kabupaten Magelang dalam Mempertahankan Eksistensi Pariwisata di Masa Pandemi Covid – 19). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (793kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (117kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.96.0749-Maharsma Rorirulia S - Maharsma Rorirulia Swadani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan upaya komunikasi pemasaran Disparpora Kabupaten Magelang dalam mempertahankan eksistensi pariwisata di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Objek penelitian ini adalah Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang. Proses pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data diolah melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya komunikasi pemasaran yang digunakan Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang adalah dengan teknik bauran komunikasi pemasaran (marketing communication mix) : (1) Promosi penjualan (sales promotion), melalui melalui event Explore Magelang dengan mengundang biro perjalanan dari luar daerah sehingga terbentuk kesepakatan pembuatan paket wisata dengan harga khusus. (2) Acara dan pengalaman (event and experiences), melalui event virtual maupun offline, media elektronik dan internet. Bentuk kegiataannya berupa pemanfaatan media promosi dengan maksimal melalui internet dan bahan penunjang lainnya. (3) Humas dan publisitas (public relation and publicity), informasi yang dipublikasikan melalui akun – akun soaial media Dispapora. (4) Pemasaran interaktif (interactive marketing), melalui akun instagram @officialwisatamagelang untuk membuat program kreatif berupa kuis, giveaway dan program promosi untuk UMKM atau usaha yang dimiliki masyarakat umum. (5) Pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth), melalui media internet berupa platform Google untuk menggali pengalaman wisatawan melalui ulasan yang diberikan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Yudaninggar, Kartikasari
Uncontrolled Keywords: Bauran Komunikasi Pemasaran, Pariwisata, Dinas Pariwisata
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:15
Last Modified: 09 Aug 2023 06:44
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/791

Actions (login required)

View Item View Item