Nafi’a MS, Zidnii Ilma (2016) PEMBUATAN APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA AJAR UNTUK MENGHAFAL HADITS POPULER RIWAYAT BUKHORI MUSLIM DI TK AL-ISLAM YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (266kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (694kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (71kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_11.12.5375 Zidnii Ilma Nafi’a MS.zip Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
TK Al-Islam merupakan lembaga formal untuk pendidikan anak usia dini yang mempunyai keunggulan dibidang keagamaan, salah satu program unggulannya yaitu menghafal hadits. Saat ini, beberapa hal penting yang diperhatikan diantaranya tentang penggunaan perangkat keras maupun lunak sebagai sarana belajar mengajar sebagai wujud pengembangan metode pembelajaran. Penelitian ini termasuk pada penelitian R&D (Research and Development). Peneliti mencoba menganalisis peluang untuk mengoptimalkan perangkat tersebut dan memberikan solusi supaya perangkat tersebut dapat dipergunakan secara maksimal, diantaranya menggunakan aplikasi media ajar. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Menggunakan metode analisis SWOT, dan tahap perancangan aplikasi menggunakan storyboard oleh Iwan Binanto. Tahapan tersebut memiliki enam tahap utama, meliputi Konsep (Concept), Desain (Design), Pengumpulan Materi (Material Collecting), Assembly, Uji Coba (Testing), dan Distribusi (Distribution). Media pembelajaran hadits berupa aplikasi ini bertujuan untuk mengoptimalkan perangkat yang dimiliki oleh TK AlIslam supaya dirasakan manfaatnya oleh peserta didik. Selain itu, aplikasi multimedia dapat menambah minat belajar murid-murid secara tidak langsung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi hadits ini dapat membantu guru untuk proses belajar mengajar hadits dengan bentuk yang bervariasi, dan membantu murid untuk menghafal hadit secara mudah dan dengan cara yang menyenangkan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Optimal, Aplikasi, Multimedia, TK Al-Islam | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 19 Sep 2022 07:46 | ||
Last Modified: | 06 Oct 2023 08:00 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/7753 |
Actions (login required)
View Item |