PEMBUATAN APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA AJAR UNTUK MENGHAFAL HADITS POPULER RIWAYAT BUKHORI MUSLIM DI TK AL-ISLAM YOGYAKARTA

Nafi’a MS, Zidnii Ilma (2016) PEMBUATAN APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA AJAR UNTUK MENGHAFAL HADITS POPULER RIWAYAT BUKHORI MUSLIM DI TK AL-ISLAM YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (71kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_11.12.5375 Zidnii Ilma Nafi’a MS.zip
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

TK Al-Islam merupakan lembaga formal untuk pendidikan anak usia dini yang mempunyai keunggulan dibidang keagamaan, salah satu program unggulannya yaitu menghafal hadits. Saat ini, beberapa hal penting yang diperhatikan diantaranya tentang penggunaan perangkat keras maupun lunak sebagai sarana belajar mengajar sebagai wujud pengembangan metode pembelajaran. Penelitian ini termasuk pada penelitian R&D (Research and Development). Peneliti mencoba menganalisis peluang untuk mengoptimalkan perangkat tersebut dan memberikan solusi supaya perangkat tersebut dapat dipergunakan secara maksimal, diantaranya menggunakan aplikasi media ajar. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Menggunakan metode analisis SWOT, dan tahap perancangan aplikasi menggunakan storyboard oleh Iwan Binanto. Tahapan tersebut memiliki enam tahap utama, meliputi Konsep (Concept), Desain (Design), Pengumpulan Materi (Material Collecting), Assembly, Uji Coba (Testing), dan Distribusi (Distribution). Media pembelajaran hadits berupa aplikasi ini bertujuan untuk mengoptimalkan perangkat yang dimiliki oleh TK AlIslam supaya dirasakan manfaatnya oleh peserta didik. Selain itu, aplikasi multimedia dapat menambah minat belajar murid-murid secara tidak langsung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi hadits ini dapat membantu guru untuk proses belajar mengajar hadits dengan bentuk yang bervariasi, dan membantu murid untuk menghafal hadit secara mudah dan dengan cara yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ariatmanto, Dhani
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Optimal, Aplikasi, Multimedia, TK Al-Islam
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 19 Sep 2022 07:46
Last Modified: 06 Oct 2023 08:00
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/7753

Actions (login required)

View Item View Item