SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN LAYANAN SERVIS BENGKEL MAKMUR ENTERPRISE YOGYAKARTA Studi Kasus: Bengkel Makmur Enterprise

Mu’minin, Mar’atul (2016) SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN LAYANAN SERVIS BENGKEL MAKMUR ENTERPRISE YOGYAKARTA Studi Kasus: Bengkel Makmur Enterprise. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (64kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 13.22.1483 Mar'atul Mu'minin.zip
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Bengkel Makmur Enterprise adalah suatu badan usaha yang bergerak dibidang penjualan spareparts dan layanan jasa perbaikan atau servis sepeda motor. Saat ini, bengkel Makmur Enterprise sedang mengalami kesulitan dalam melakukan proses penjualan spareparts, dikarenakan ketidakpastian harga khususnya untuk harga penjualan grosir. Menumpuknya jumlah item barang dan penempatan yang kurang terstruktur menyebabkan pelayanan kurang maksimal. Barang-barang yang menumpuk ini bisa saja diakibatkan dari promosi penjualan barang yang belum maksimal. Dalam pengelolaan data pada bengkel Makmur Enterprise masih menggunakan buku-buku jurnal untuk mencatat semua transaksi penjualan dan pembelian, serta mencatat harga-harga spareparts. Pengecekan data spareparts dilakukan dengan cara melihat semua transaksi yang telah tercatat didalam buku transaksi dan mencatat hasilnya dalam buku stok barang. Hal ini, menyebabkan kondisi stok spareparts menjadi tidak optimal sesui kebutuhan pelanggan. Pada skripsi ini, penulis menganalisa pokok-pokok permasalahan yang ada dengan menggunakan analisis PIECES yang diperkirakan mampu mewakili untuk dapat menjawab permasalahan-permasalahan yang terjadi, dan dibantu dengan pembuatan flowchart, ERD, DFD, relasi antar tabel, perancangan database dan perancangan interface. Aplikasi yang dihasilkan adalah prototype base-on desktop "Sistem Informasi Penjualan Dan Layanan Servis", hal ini bertujuan agar pengguna aplikasi dapat dengan mudah untuk melakukan semua input data proses transaksi. Dengan adanya rancangan sistem yang terkomputerisasi dan terstruktur ini, diharapkan proses penjualan, pembelian dan layanan servis menjadi lebih optimal dan akurat sehingga dapat meningkatkan keefisienan kinerja sistem.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
-, Krisnawati
Uncontrolled Keywords: Pembelian, Penjualan, Transaksi Penjualan dan Layanan Servis
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:19
Last Modified: 20 Sep 2023 02:48
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/7386

Actions (login required)

View Item View Item