Darmawan, Ridho Fajar (2020) ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PRODUK MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (552kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (311kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (708kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (110kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code-15119085-RidhoFajarDarmawan - Ridho Fajar Darmawan.zip Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-15119085-RidhoFajarDarmawan - Ridho Fajar Darmawan.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
Abstract
Pada era saat ini yaitu era industri 4.0 menjamurnya star-up yang bergerak di bidang e-commerce. Terdapat banyak macam produk yang di jual secara online di berbagai marketplace saat ini. Shopee salah satu marketplace yang memilih segmen mobile marketplace untuk mempermudah para pembeli dalam berbelanja dengan bermodal smartphone sudah dapat memiliki barang yang di inginkan. Para pembeli setelah melakukan proses transaksi pembelian di berikan optional untuk memberi rating dan review. Informasi ulasan tersebut dapat dimanfaatkan pembeli, atau pengamat untuk menilai kualitas produk atau layanan yang di berikan dan dapat dijadikan evaluasi. Beribu review yang tersedia pada produk tidak memungkinkan untuk di baca secara manual. Oleh sebab itu, pada penelitian ini mencoba melakukan analisis sentimen untuk mempermudah dalam mendapatkan informasi jumlah sentimen dari review produk dengan menerapkan metode Naive Bayes Classification dengan menglasifikasikan sentimen menjadi positif, netral dan negatif. Hasil penelitian dari pengujian kinerja metode Naive Bayes Calssification dengan menggunakan data latih 300 positif, 300 netral dan 300 negatif di uji terhadap 100 data testing menghasilkan tingkat akurasi 72%, presisi 74,2% dan recall 74%. Hasil penelitian juga menghasilkan produk berupa mobile apps android yang di uji untuk melakukan klasifikasi 1692 data mampu melakukan prosesnya dengan waktu 2 menit 50 detik sehingga dapat membantu mempercepat mendapatkan informasi julah sentimen pada suatu produk.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Sentimen, Naive Bayes Classifier, Marketplace, Persepsi | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 10 Jun 2022 04:19 | ||
Last Modified: | 08 Aug 2023 07:35 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/736 |
Actions (login required)
View Item |