PEMBUATAN ARGUMENTED REALITY TENTANG MENGENAL BENDA-BENDA BERSEJARAH

Aziz, Rohmadi (2022) PEMBUATAN ARGUMENTED REALITY TENTANG MENGENAL BENDA-BENDA BERSEJARAH. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (666kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (35kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-17.11.1347-Aziz Rohmadi - Aziz Rohmadi.rar
Restricted to Repository staff only

Download (3kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.11.1347-Aziz Rohmadi - Aziz Rohmadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 (Coronavirud Disease) ini seluruh kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring mulai dari kalangan sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi. Beberapa kegiatan sekolah yang biasa dilakukan setiap 1 tahun sekali seperti mengunjungi museum menjadi terbatas. Dengan adanya teknologi Augmented Reality (AR) ini dapat membantu mengenalkan benda bersejarah ke siswa sekolah dasar. Augmented Reality (AR) adalah suatu teknologi yang dapat menggabungkan objek maya 2 Dimensi menjadi bentuk 3 Dimensi. Teknologi Augmented Reality (AR) ini dapat membantu pengguna berinteraksi secara real-time. Oleh karena itu Augmented Reality (AR) ini dibuat untuk membantu menarik perhatian dalam proses pengenalan benda-benda bersejarah ke siswa sekolah dasar. Tahap pembuatan ini Penelitian ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran agar lebih effesien. di harapkan dengan menggunakan Augmented Reality (AR) ini dapat membantu meningkatkan pengetahuan tentang bendabenda bersejarah. Dari penelitian yang telah dilakukan menghasilkan sebuah aplikasi Augmented Reality yang dapat digunakan untuk membantu mengenalkan bendabenda bersejarah kepada siswa sekolah dasar.Diaplikasi ini terdapat animasi 3D yang berbentuk benda bersejarah yang dapat muncul Ketika kamera menscan marker.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Aziza, Rifda Faticha Alfa
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Animasi 3D, Augmented Reality, MDLC(Multimedia Development Life Cycle)
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Sep 2022 08:17
Last Modified: 04 Aug 2023 02:13
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6706

Actions (login required)

View Item View Item