PERANCANGAN VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI RATING GAMES

Harianja, Cristin Br (2022) PERANCANGAN VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI RATING GAMES. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (553kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (57kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Video (SOURCE CODE)
Source Code 17.11.1446 Cristin Br Harianja.mp4
Restricted to Repository staff only

Download (260MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 17.11.1446 Cristin Br Harianja.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rating game adalah hal yang penting untuk diperhatikan dalam memilih games yang akan dimainkan. Karena fungsi rating dalam sebuah games adalah untuk mengatur batas usia minimal bagi pengguna games tersebut yang ditentukan berdasarkan isi konten dari game tersebut. Namun karena banyaknya lembaga dan jenis rating games yang ada didunia, maka masyarakat indonesia tentu awam dengan jenis-jenis rating games yang ada. Belum lagi jika ada yang salah mengartikan rating games sebagai seberapa bagus atau seberapa buruk nya games tersebut, maka yang menjadi masalah bukan hanya keliru akan arti rating games yang sesungguhnya tetapi juga ketidak tahuan tentang jenis-jenis rating game yang ada saat ini. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk merancang video iklan layanan masyarakat menggunakan motion graphic sebagai media sosialisasi rating games. Agar mengedukasi masyarakat Indonesia tentang arti rating games yang sesungguhnya dan juga memperkenalkan jenis-jenis rating games yang ada dari berbagai negara serta menghimbau masyarakat akan penting nya memperhatikan rating sebelum memainkan sebuah games. Penelitian ini juga bertujuan untuk meneliti penerimaan khalayak terhadap video iklan layanan masyarakat ini menggunakan analisis resepsi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui kuesioner online (google form) dan dianalisis menggunakan skala likert. Penerimaan khalayak terhadap Video Iklan Layanan Masyarakat pada penelitian ini menunjukkan bahwa resepsi masyarakat sebagian besar masuk dalam kategori tinggi yakni 95 orang dari total 99 responden (96%). Hal itu didukung dengan indikator variabel teori komunikasi, analisis semiotika, aspek tampilan dan aspek informasi. Hal ini berarti masyarakat mampu memahami informasi, menganalisis tanda dan menilai unsur pada video Iklan Layanan Masyarakat Sosialisasi Rating Games dengan sangat baik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Mustopa, Ali
Uncontrolled Keywords: Iklan Layanan Masyarakat, Motion Graphic, Rating Games, Semiotika, Resepsi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Sep 2022 07:55
Last Modified: 04 Aug 2023 02:16
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6692

Actions (login required)

View Item View Item