Prakosa, Rio Janggan (2022) SKEMA ARTIST CONTENT CREATOR PERAN VIDEOGRAFER DALAM TEKNIK EDITING PADA PRODUKSI PROGRAM JALAN-JALAN JELAJAH DI APLIKASI LAZADA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (913kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (233kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (838kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (49kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Download (258kB) |
Abstract
E-commerce merupakan salah satu aspek yang berkembang pesat dalam kurun waktu 10 tahun belakangan ini. Videografi untuk saat ini juga sering digunakan dalam media promosi suatu produk ataupun perusahaan. Oleh karena itu, Lazada menggunakan video sebagai strategi marketing dan media promosi, upaya ini dilakukan untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan produk pada aplikasi Lazada. Adanya kemajuan media dan internet yang semakin pesat memudahkan perusahaan sebesar Lazada untuk mengiklankan produk dan brand-nya untuk mendapatkan atensi dan keuntungan dari khalayak banyak. Videografer mempunyai peran dalam membuat konten semenarik mungkin. Ide dan konsep yang dibuat didiskusikan dengan pihak Lazada sebelum video tersebut dibuat. Dengan adanya persaingan e-commerce yang lain. Oleh karena itu, Lazada dan tim memutuskan untuk membuat video promosi dengan konsep jalan-jalan meng-explore indahnya alam Indonesia. Promosi produk yang ada di dalam aplikasi Lazada dilakukan secara live streaming. Untuk produksi video promosi kali ini berada di daerah Pacitan, Jawa Timur tepatnya di pantai Srau, Karang Bolong, dan sungai Maron. Konsep video promosi seperti ini belum diterapkan atau dibuat oleh kompetitor Lazada sehingga memberikan kesan beda, unik, dan menarik. Peran penulis dalam karya ini adalah sebagai videografer dan editor dalam pembuatan projek video promosi. Penulis juga menambahkan color grading dan motion graphic untuk menambah estetika dalam video tersebut. Nama dari projek video promosi ini adalah ”Jalan-Jalan Jelajah” dengan durasi satu jam dan disiarkan secara langsung pada hari rabu pukul 17.00-18.00 WIB setiap minggunya dengan host yang berbeda-beda. Hasil dari peciptaan karya ini sudah ditayangkan dengan mencapai 32.904 views dan like sebanyak 126.280.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | E-commerce , Lazada, videografi, video komersil, Lazada, videographer, commercial videos | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 02 Sep 2022 06:55 | ||
Last Modified: | 03 Aug 2023 03:42 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6639 |
Actions (login required)
View Item |